Konten Berita dan Perusahaan Pers Harus Sama-Sama Oke – Berita Madura

by -53 views
Konten Berita dan Perusahaan Pers Harus Sama-Sama Oke – Berita Madura

LAMONGAN– Jaringan Media Siber Indonesia Timur (JMSI) berkomitmen untuk membantu media siber menjadi profesional. Profesionalisme ini berkaitan dengan konten bisnis dan jurnalisme.

Komitmen untuk membantu media menjadi lebih baik dan profesional disampaikan Sekretaris JMSI Jawa Timur, Syaiful Anam saat memberikan materi dalam diskusi dengan Komunitas Jurnalis Lamongan (KJL) Rabu (5/5). Kegiatan di jajaran pengurus Dinas Pendidikan Kabupaten Lamongan tersebut juga dihadiri oleh Wakil Ketua Pendataan dan Validasi Anggota JMSI Jawa Timur, Kanthi Wiyoto.

“Kami ingin meningkatkan profesionalisme jurnalis dan perusahaan surat kabar,” ujar Achmad Bisri, Ketua KJL dalam acara yang dihadiri 28 jurnalis dari berbagai media.

SOSIALIS: Foto Kanti Wiyoto (kiri) dan Syaiful Anam (kanan) bersama anak yatim piatu usai berbagi media dan berdonasi.
(JMSI untuk RadarMadura.id)

Bisri menilai JMSI Jatim dinilai mampu memberikan pencerahan karena 90 persen anggotanya membenarkan pernyataan Dewan Pers. Selain itu, wartawan media yang tergabung dalam JMSI memiliki kompetensi yang sudah lulus UKW.

Baca:  Yayasan Al-Qowi Komitmen Tingkatkan Kualitas Hidup Anak Yatim - Berita Madura

Syaiful menjelaskan, produk jurnalistik bisa dilihat dari dua hal. Yakni konten berita dan perusahaan surat kabar. Tentang konten berita jurnalis berdasarkan Kode Etik Jurnalistik. Dengan begitu, menghasilkan berita yang akurat, berimbang, dan tidak menipu.

Sedangkan perusahaan pers mengacu pada UU 40/1999 tentang Persamaan. Diantaranya berupa PT atau badan hukum berdasarkan peraturan perundang-undangan, termasuk nama, alamat, dan orang yang bertanggung jawab secara terbuka di media, serta keperluan lainnya.

“Kompetensi jurnalis dilaksanakan Dewan Pers dengan Uji Kompetensi Watawan. Begitu pula dengan penegasan perusahaan surat kabar. Namun jika Dewan Pers belum memastikannya tetapi perusahaan tersebut memenuhi persyaratan perusahaan surat kabar sesuai undang-undang di atas. , selanjutnya akan tetap masuk dalam produk surat kabar, ”ucapnya.

Baca:  Warga Beluk Kenek Dibacok OTK - Berita Madura

Sementara itu, Kanti Wiyoto menjelaskan persyaratan sertifikasi perusahaan media oleh Dewan Pers. Menurutnya, jurnalis yang baik itu profesional. Wartawan itu dideklarasikan setelah lulus dari UKW. Demikian pula perusahaan surat kabar, khususnya media siber, harus terdaftar di Dewan Pers.

Acara diakhiri dengan penyerahan santunan kepada 20 perwakilan anak yatim dari Yayasan Yatim Mandiri. Dilanjutkan dengan buka puasa bersama anak yatim piatu. (* / luq)

.

Komentar