Hindari Diet Berat saat Pandemi – Berita Madura

by -6 views
Hindari Diet Berat saat Pandemi – Berita Madura

BANGKALAN, Indonesiaonline.co.id – Banyak warga yang melakukan diet untuk menurunkan berat badan. Di situasi pandemi Covid-19 saat ini, pola makan harus dilakukan dengan bijak agar tidak berdampak fatal bagi tubuh.

Kepala Instalasi Gizi RS Syamrabu Bangkalan, Sulastri, mengatakan tidak dianjurkan untuk mengikuti diet ketat saat wabah penyakit. Karena dapat menimbulkan gangguan kesehatan. Tubuh kekurangan nutrisi makro dan mikro. “Bisa juga mengganggu sistem keseimbangan asam basa,” jelasnya kemarin (20/6).

Jika diet mengurangi lemak tubuh, diet ketat dapat menyebabkan berkurangnya massa otot. Oleh karena itu, malnutrisi akan timbul karena kurangnya asupan dalam tubuh. Diet berat tidak dianjurkan.

Sulastri mengingatkan, di masa pandemi, masyarakat harus menjaga daya tahan tubuh yang tinggi agar tidak mudah sakit. Bahkan jika Anda sakit, tubuh Anda memiliki daya tahan yang cukup terhadap makanan yang Anda makan setiap hari.

Baca:  Musawamah Tidak Kesulitan Berobat Berkat JKN - Berita Madura

Karena itu, makanan yang harus dimakan mengandung zinc. Misalnya daging, kerang, tiram, kepiting, udang, kacang-kacangan, telur, dan susu. Makanan olahan juga mengandung keju dan yogurt. Kemudian, perlu memperbanyak makanan yang mengandung vitamin C, E, dan makanan beta karoten yang dapat diubah menjadi vitamin A oleh tubuh.

Makanan dan minuman yang terlalu manis tidak dianjurkan karena akan menyebabkan ketidakseimbangan nutrisi. Misalnya, dapat mengurangi nutrisi yang penting bagi tubuh seperti protein, vitamin, dan mineral.

“Batas konsumsi gula yang dianjurkan menurut Kementerian Kesehatan (Kemenkes) tidak lebih dari lima puluh empat sendok makan sehari. Sedangkan makanan lain yang tidak dianjurkan adalah sumber lemak berlebih seperti gorengan,” lanjutnya.

Baca:  Status Perkara Naik ke Penyidikan - Berita Madura

Sulastri menambahkan, masyarakat Madura khususnya Bangkalan sudah familiar dengan bahan-bahan yang biasanya dibuat sendiri untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Misalnya jahe merah rebus, kunyit, lawak temu, sirih, madu, serai, dan sebagainya. Air dengan jus lemon, garam, dan sedikit madu.

“Ini juga bagus karena membuat tubuh tetap segar dan bisa meningkatkan daya tahan tubuh,” ujarnya. (melompat)

.

Komentar