Bangkitkan Perekonomian Masyarakat Desa pada Masa Pandemi – Berita Madura

by -63 views
Bangkitkan Perekonomian Masyarakat Desa pada Masa Pandemi – Berita Madura

PERNIS – Perguruan Tinggi Islam Al-Hamidiyah (Stamidiya) mengirimkan mahasiswanya untuk mengabdi kepada masyarakat. Mereka terbagi dalam lima kelompok kuliah kerja (KKN) yang sebenarnya. Setiap kelompok terdiri dari 18 siswa.

Pelaksanaan KKN dimulai dari 24 Januari hingga 23 Februari 2021. Tema yang diangkat adalah KKN Kewirausahaan Berbasis Membangun Ekonomi Pedesaan pada saat Pandemi Covid-19. Salah satunya adalah kumpulan KKN Stamidiya 01 yang berlokasi di Desa Batorasang, Kabupaten Tambelang, Sampang.

KKN Stamidiya 01 menjalankan berbagai program. Antara lain bentuk kewirausahaan, sosial budaya, agama, kesehatan dan pendidikan. “Berawal dari persoalan sederhana itu, hampir semua persoalan terkait perekonomian di Desa Batorasang sudah teratasi,” kata Ketua KKN Muzakki Stamidiya 01.

Baca:  Ini Dia, Daftar RS dan Klinik Utama Layani Peserta JKN – KIS di Madura - Berita Madura

Kegiatan ini bertujuan untuk mengembangkan akal dan pengetahuan sosial siswa. Selain itu, membantu mengembangkan ekonomi pedesaan dengan berpegang pada protokol kesehatan (prokes).

KKN Stamidiya 01 melakukan banyak hal yang bersumber dari permasalahan yang ada di masyarakat. Masalah ini dianalisis secara logis dan cermat sehingga menghasilkan potensi yang dapat dikembangkan dan dapat menghasilkan perekonomian.

Banyak produk yang dikembangkan oleh warga Desa Batorasang. Diantaranya, keripik sukun, singkong, singkong, gading, kue pie, polibag benih cabai, dan kerajinan pohon bambu. Semua produk tersebut sudah memiliki izin untuk dipasarkan secara lokal, bahkan nasional. Layanan tersebut juga mengajarkan proses pemasaran online selama pandemi Covid-19.

Hampir semua masalah ekonomi yang berkaitan dengan Desa Batorasang dapat ditemukan. Mulai dari berwirausaha di bidang pertanian, kerajinan tangan, hingga jajanan untuk dapat meningkatkan perekonomian masyarakat, dan membangun jaringan usaha secara mandiri. (* / onk / setara)

Baca:  UMM Kembangkan RS Darurat Penanganan Covid-19 - Berita Madura

.

Komentar