Motor & Uang Ratusan Juta

by -72 views
Motor & Uang Ratusan Juta

KARANGANYAR – Meskipun keadaan ekonomi saat ini belum juga pulih akibat wabah penyakit, namun hal tersebut tidak menghentikan masyarakat Karanganyar untuk melangsungkan pesta pernikahan dengan kado yang tidak biasa. Jika biasa, keluarga mempelai pria membawa hadiah berupa perlengkapan sholat, kosmetik, tas, sepatu, baju, perhiasan, dan lain-lain. Meski begitu, kini ada tren pertunjukan yang cukup boros, seperti ternak, sepeda motor, dan uang tunai ratusan juta.

Misalnya dalam pelaksanaan festival yang digelar pekan ini di beberapa kabupaten, seperti di Kecamatan Tawangmangu, Jatiyoso, dan Jumapolo. Pengantin pria memberikan hadiah berupa sepeda motor dan ternak.

Tak hanya itu, warga asal Wonorejo, Jatiyoso yang menggelar akad nikah awal pekan lalu diketahui telah memberikan uang tunai Rp 100 juta kepada sang pengantin. Dan video tersebut menjadi viral di kalangan masyarakat Karanganyar, karena nilai kirimannya mencapai ratusan juta.

Baca:  Baru Wahana Ini yang Dibuka

“Iya ini warga kita. Iya karena calon pengantin laki-laki bilang bapaknya nakhoda, maka pengantin laki-laki juga senang. Oleh karena itu sudah sepantasnya diserahterimakan Rp 100 juta,” kata Kepala Desa Wonorejo, Jatiyoso. Sularno.

Berbeda dengan pengantin pria asal Jatisuko, Jatipuro yang memberikan hadiah kepada calon istrinya berupa sepeda motor baru. Kemudian juga empat jenis perhiasan dan uang senilai Rp. 15 juta.

“Sebenarnya iya, karena beberapa keluarga sebelumnya juga melakukan hal yang sama. Namun belakangan ini, hadiah seperti ratusan juta rupiah, kemudian motor, ternak, dan beberapa barang lainnya menjadi trend pernikahan warga di selatan provinsi Karanganyar,” ucapnya. Sugeng, mantan mengantar pengantin pria dari desanya menikah dengan warga asal Sragen, Kamis (25/3).

Baca:  Klaten Peringkat Ketujuh Terbaik Nasional Kinerja Pengawasan Kearsipan

Sedangkan pengantin pria asal Kabupaten Jumapolo, Karanganyar pun melakukan hal serupa. Saat menikah dengan wanita idealnya di Tawangmangu, Sabtu (27/3), sang pengantin pria memberi seekor kambing dan sepeda motor.

“Yang lainnya seperti seperangkat alat sembahyang, lalu kelapa, nasi, dan beberapa kreasi makanan juga ada. Namun yang paling menonjol adalah hewan dan motor yang dihias sebagai hadiah,” jelas salah satu warga Tawangmangu, Parnoto. (rud / ria)

.

Komentar