Soal Lanjutan Proyek Masjid Sriwedari, Gibran: Masih Diperjuangkan

by -21 views
Soal Lanjutan Proyek Masjid Sriwedari, Gibran: Masih Diperjuangkan

SOLO – Walikota Surakarta Gibran Rakabuming siap turun tangan membantu menyelesaikan pembangunan Masjid Taman Sriwedari. Ia akan mendesak panitia pelaksana pembangunan untuk memfasilitasi akses bantuan keuangan melalui tanggung jawab sosial perusahaan (CSR).

Ditemui di Balaikota Surakarta, putra Presiden Joko Widodo tersebut membenarkan bahwa dirinya siap membantu percepatan pembangunan Masjid Sriwedari. Berulang kali dia berkata bahwa dia akan memperjuangkannya. “Sriwedari masih diperjuangkan. Nanti kita cari solusinya,” ujarnya.

Untuk masalah teknis, Gibran menyerahkan hal tersebut kepada panitia pembangunan Masjid Sriwedari. Partainya hanya akan berperan sebagai pendukung, terutama dalam mencari bantuan dana yang diperlukan.

“Kemudian Pak Pur (Achmad Purnomo, ketua panitia pembangunan masjid, Red) akan memberikan instruksi. Masalah pendanaan, kalau bisa CSR,” jelas Gibran.

Baca:  PKS Solo Siap Jadi Mitra Kritis Kepemimpinan Gibran-Teguh

Ditanya soal lobby CSR, dia menegaskan itu tugas panitia. Kerajaan Surakarta hanyalah jembatan untuk memfasilitasi proses tersebut. “Melobi CSR itu tugas panitia. Saya desak saja prosesnya cepat. Soal sengketa tanah, prosesnya masih jalan, mudah, aman,” ujarnya.

Sekretaris Daerah Kota Surakarta Ahyani mengungkapkan, selama ini kontrak karya pembangunan Masjid Sriwedari masih atas nama panitia dengan PT Wika. “Nah, kalau mau serahkan ini ke Pemprov tidak apa-apa,” ucapnya.

Hingga saat ini, semua pihak akan membantu menyelesaikan pembangunan Masjid Sriwedari. Jika diperlukan, Pemprov DKI bisa menyalurkan bantuan dana melalui mekanisme hibah, seperti yang dilakukan pada 2018 saat pembangunan salah satu menara.

“Untuk Pemprov tidak ada pendanaan untuk itu. Asumsikan dalam bentuk hibah untuk panitia. Mekanisme ini juga telah dilakukan oleh Pemprov DKI untuk menyelesaikan salah satu menara sekitar tahun 2018. Sedangkan untuk penggalangan dana CSR adalah masih berlangsung, “kata sekretaris distrik. (ves / bun / ria)

Baca:  Penjaga SD Diduga Bunuh Diri di Bengawan Solo,Ada Istri-Anak di Lokasi

.

Komentar