Serapan Tenaga Kerja Difabel oleh Pemerintah & Swasta Masih Rendah

by -22 views
Serapan Tenaga Kerja Difabel oleh Pemerintah & Swasta Masih Rendah

SOLO – Penyerapan tenaga kerja (tenaga kesehatan) bagi penyandang cacat atau cacat masih rendah. Pemerintah dan perusahaan yang telah menerapkan aturan kuota 2 persen untuk penyandang disabilitas belum maksimal. Hal ini membuat mereka sulit mandiri dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Koordinator Tim Advokasi Disabilitas Kota Surakarta, Sri Sudarti mengatakan, jumlah penyandang disabilitas yang bekerja di pemerintahan masih rendah. Kuota 2 persen yang telah ditetapkan untuk memfasilitasi pekerja penyandang disabilitas belum dilaksanakan dengan baik.

“Setahu saya, kuota dari pemerintah dan swasta sepertinya sama. Cuma 2 persen. Soal ini, saya sempat tanya ke BKD (Badan Layanan Umum dan Diklat Daerah). Cuma ada dua. di pemerintah kota, “jelasnya.

Baca:  Ganti Rugi Tol Baru Lima Desa

Penyerapan tenaga kerja yang rendah juga ditemukan di perusahaan swasta. Bahkan masih banyak hambatan lain, seperti aksesibilitas dan kenyamanan yang membuat penyandang disabilitas tidak dapat mengaksesnya.

“Lokasi perusahaan atau pabrik swasta yang sangat besar dan terpencil menyulitkan masyarakat ini (para penyandang disabilitas). Sulit untuk berjalan apalagi bekerja. Kami berharap pemerintah bisa berperan dalam mempermudah masyarakat penyandang disabilitas. disabilitas untuk mendapatkan kesempatan kerja, ”jelasnya.

Masalah lain juga ditemukan pada penyandang disabilitas yang memulai usaha mandiri. Harapan untuk menjalani kehidupan yang lebih baik melalui kewirausahaan mulai runtuh sejak pandemi Covid-19. Akibatnya, pendapatan menurun. “Pelaku usaha perlu dibantu dalam menjalankan usahanya,” ujarnya.

Baca:  RSUD dr Moewardi Berhasil Pisahkan Bayi Kembar Siam Asal Karanganyar

Minimnya penyerapan tenaga kerja bagi penyandang disabilitas juga dibenarkan oleh Direktur Eksekutif Sejiwa Foundation -Share in Porborini Limits. Minimnya lapangan kerja oleh pemerintah dan perusahaan swasta masih menjadi masalah bagi penyandang disabilitas untuk mendapatkan kesempatan bekerja di sektor formal.

“Mereka harus mengupayakan pendidikan yang baik untuk mendapatkan pekerjaan terbaik. Tapi juga perlu dukungan dari masyarakat setempat, termasuk pemerintah,” ujarnya. (ves / mg1 / bun / ria)

.

Komentar