Genjot Produktivitas Padi, Pemkab Sukoharjo Terapkan IP 400

by -22 views
Genjot Produktivitas Padi, Pemkab Sukoharjo Terapkan IP 400

SUKOHARJO – Pemerintah berupaya meningkatkan produktivitas padi, salah satunya dengan indeks tanam (IP) 400. Hal ini untuk menjamin ketersediaan beras bagi masyarakat.

Bupati Sukoharjo Etik Suryani mengatakan pemberian padi kepada warga tidak hanya bergantung pada areal budidaya yang semakin menurun.

Oleh karena itu, ke depan sektor pertanian hendaknya tidak hanya mengandalkan penggunaan teknologi yang stagnan, tetapi harus mengadopsi teknologi digital dan menggunakan benih unggul.

“Saat ini perlu menggunakan konsep yang lebih maju dan terintegrasi untuk memberikan nilai tambah,” kata Bupati di hadapan Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) Pondok Makmur, Kabupaten Nguter, Kamis (8/4).

Etika menjelaskan, Kementerian Pertanian telah banyak menuai sukses dalam meningkatkan produksi pangan, khususnya beras. Salah satunya adalah konsep IP 400.

Baca:  Mobilitas Kaum Boro Tetap Tinggi

IP 400 merupakan opsi yang menjanjikan untuk meningkatkan produksi padi nasional tanpa perlu penambahan fasilitas irigasi dan pembukaan lahan baru.

“Kami sangat mengapresiasi Gapoktan Pondok Makmur yang akan berupaya menerapkan sistem IP 400 yang baru. Mudah-mudahan ini berhasil, sehingga produksi padi di Sukoharjo bisa meningkat,” jelasnya.

Ketua Gapoktan Pondok Makmur, Harmadi menambahkan, IP 400 merupakan program tanam empat kali dalam setahun. Saat ini baru memasuki masa tanam ke-2. Diperkirakan pada masa tanam ke-3 dan ke-4 petani akan mengalami kekurangan air, oleh karena itu mereka membutuhkan bantuan dari sumur dalam. (kwl / wa)

.

Komentar