Pemkab Boyolali Putuskan Tidak Ada Open House

by -21 views
Pemkab Boyolali Putuskan Tidak Ada Open House

BOYOLALI – Saat lebaran biasanya digunakan sebagai tempat para karyawan bersilaturahmi dengan masyarakat. Namun pada perayaan Idul Fitri kali ini, justru menjadi kegiatan yang sering disebut-sebut open house ini tidak akan diadakan. Hasil ini mengacu pada situasi pandemi Covid-19 dan peraturan pemerintah dimana kegiatan yang akan menyebabkan masyarakat tidak dapat dilakukan sebagai upaya pencegahan penyebaran Covid.

Sekretaris Boyolali Masruri mengatakan, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Boyolali tidak akan menggelar kegiatan apa pun open house yang biasa dilakukan aparat pemerintah daerah pada momentum Lebaran 2021. “ASN dilarang pulang. Aparat negara juga tidak mengadakan open house,” kata Masruri.

Padahal, lanjutnya, selama ini buka puasa bersama tidak dilakukan. Ini tindak lanjut dari perintah presiden. Namun, kegiatan ibadah masyarakat selama bulan Ramadhan dan Idul Fitri dapat dilakukan sesuai dengan tata cara dalam Surat Edaran (SE) Menteri Agama.

Baca:  TMMD Gemawang Sukses Buka Akses Ekonomi di Desa Perbatasan

“Kalau kegiatan sholat Idul Fitri di masjid-masjid pemerintah, masih terus dikaji. Baik itu akan dilaksanakan dengan pembatasan atau kebijakan lain,” ucapnya.

Sementara itu, Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Boyolali Fahrudin mengatakan, kegiatan shalat Idul Fitri diperbolehkan di masjid atau area terbuka. Meski begitu, namun tetap dengan protokol kesehatan yang ketat.

“Namun jika ada peningkatan Covid-19 berdasarkan pengumuman dari Satgas Covid-19, maka kegiatan peribadatannya bisa disesuaikan,” ujarnya. (janda / saudara perempuan)

.

Komentar