Karang Taruna CPM Rintis Wisata Malam

by -27 views
Karang Taruna CPM Rintis Wisata Malam

WONOGIRI – Terlibat aktif dalam membangun desa. Hal itulah yang dilakukan Organisasi Pemuda Citra Putra Mandiri (CPM) di Desa Ngembung, Desa Gondangsari, Kabupaten Jatisrono. Mereka mengubah pekarangan mereka menjadi area wisata malam.

Tindakan positif ini sudah berlangsung sejak pertengahan tahun lalu. Namun karena wabah tersebut, pengembangan kawasan itu dilakukan secara bertahap.

Ketua PKM Dwi Yulias Agung Suryanto mengatakan, awalnya pihaknya berinisiatif memanfaatkan lahan yang kurang dimanfaatkan sebagai lapangan voli. Namun pada akhirnya para pemuda itu terus menghiasi daerah sekitarnya dengan lampu-lampu. Dilengkapi dengan kayu yang dicat dan ban bekas, serta ditanam tanaman untuk mempercantik area.

Nah di tempat ini ada tempat makan, wahana untuk anak-anak, Wifi gratis, juga Live music dari pemuda setempat. “Orang luar belum diajak (tampil live music) karena masih mewabah,” kata Dwi, Senin (3/5).

Baca:  Ribuan Ulat Bulu Bikin Resah di Sukoharjo

Di lokasi Live music itu juga akan digunakan sebagai tempat budaya. Dengan begitu, lebih banyak tampilan yang disajikan kepada pengunjung. Namun tidak bisa dilakukan karena takut menimbulkan keramaian.

“Kami sedang berkoordinasi dengan pemerintah desa untuk membuat BUMDes (Badan Usaha Milik Desa) di kawasan wisata malam ini. Nanti bisa dibangun warung untuk pelaku UMKM di sini. Ada balas dendam dan hasilnya dikelola BUMDes,” jelasnya.

Selama Ramadhan, night tour area buka mulai pukul 15.00 hingga sore, sedangkan di luar bulan Ramadhan buka pada pukul 11.00. “Ada yang datang. Ada yang dari luar Jatisrono. Beberapa fasilitas masih dalam proses. Kami juga sedang berupaya untuk melaksanakan tata tertib kesehatan. Juga disediakan tempat cuci tangan,” kata Dwi. (al / wa)

Baca:  Bantah Isu Penghentian Uji Coba PTM di 10 Sekolah, Jekek: Tetap Lanjut

.

Komentar