Objek Wisata di Wonogiri Tutup Selama Lebaran

by -20 views
Objek Wisata di Wonogiri Tutup Selama Lebaran

WONOGIRI – Saat eliminasi mudik Lebaran (6-17 Mei), Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Wonogiri akan menutup semua tempat wisata. Landasan ini dibuat sebagai wujud nyata dari upaya menekan penularan korona.

Bupati Wonogiri Joko Sutopo Jawa Pos Radar Solo Dikatakan, pihaknya akan menutup objek wisata saat Lebaran nanti. Mulai 13 Mei kita akan tutup objek wisata di Kabupaten Wonogiri, ujarnya, Selasa (4/5/2021).

Bupati tidak mau mengambil risiko yang sulit mengontrol jumlah pengunjung yang datang. Apalagi saat momentum lebaran terjadi pergerakan yang sangat tinggi. Kebijakan ini akan disosialisasikan kepada pelaku usaha dan objek wisata agar memiliki pemahaman yang sama.

“Perekonomian pasti akan berkontraksi. Tapi dalam hal ini harus ada skala prioritas yang harus disepakati bersama. Artinya, menjaga mental security harus menjadi prioritas,” ucapnya.

Baca:  Tambah Speedcam di Colomadu

Penutupan objek wisata akan berlangsung selama empat hari, yakni Kamis-Minggu, 13-16 Mei. Senin (17/5) tempat wisata bisa dibuka kembali atau beroperasi. Jangka waktu penutupan ditentukan berdasarkan prakiraan bahwa tempat wisata akan ramai dalam empat hari tersebut.

“Nanti kita akan lihat statistik epidemiologi dan juga apakah periode penutupan akan diperpanjang atau diperpendek, tergantung kasusnya,” kata Bupati.

Ketua Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Desa Conto Asef Indrianto mengatakan, pihaknya akan mengikuti kebijakan pemerintah daerah. Selama kebijakan itu untuk kepentingan bersama, partainya tidak berkeberatan. “Kalau libur lebaran biasanya ramai. Tapi tutup sementara karena masih ada wabah tidak apa-apa,” ucapnya. (al / bun / dam)

.

Komentar