Pemkab Boyolali Jamin Keamanan Makanan dan Minuman Jelang Lebaran

by -27 views
Pemkab Boyolali Jamin Keamanan Makanan dan Minuman Jelang Lebaran

BOYOLALI – Makanan yang dimakan masyarakat harus benar-benar aman dan sehat. Apalagi saat ini tingkat konsumsi masyarakat menjelang Lebaran begitu tinggi. Untuk itu, aparat gabungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Boyolali akan gencar memantau penjualan makanan dan minuman (mamin).

“Kami akan mulai memantau dan mengawasi peredaran bahan makanan di pasar Boyolali besok,” kata Dinas Perdagangan dan Industri (Disdagperin) Karsino Boyolali, kemarin (4/5).

Karsino menjelaskan pemantauan ini tidak hanya menyasar pasar tradisional. Toko dan toko modern juga akan diawasi dengan ketat. Hal tersebut dilakukan untuk mengantisipasi peredaran bahan makanan berbahaya.

“Biasanya masyarakat butuh banyak. Ada penjual yang memanfaatkan waktu ini untuk menjual barang yang sudah tidak layak konsumsi. Ini bisa membahayakan masyarakat,” ujarnya.

Baca:  Insentif Ketua RT-RW di Kabupaten Karanganyar Cair

Ia menambahkan, operasi tersebut juga akan melibatkan dokter hewan dari Dinas Peternakan dan Perikanan (Disnakkan), Satpol PP, dan kepolisian.

“Kami terdiri dari berbagai OPD yang terlibat dalam pemantauan keamanan pangan yang beredar di pasar tradisional dan modern. Kami juga akan membidik pasar di berbagai kecamatan. Seperti Karanggede, Simo, Cepogo, Pengging, Nogosari, Andong dan Boyolali Kota,” ujarnya. ditambahkan.

Pihaknya akan fokus pada tindakan pencegahan. Jika ternyata makanan tersebut tidak memenuhi syarat kesehatan, maka akan langsung dijamin. Kemudian dimusnahkan dengan seizin pemiliknya. Sementara itu, pemilik disarankan lebih berhati-hati.

“Jika ada yang membahayakan masyarakat, kami akan bertindak tegas,” ucapnya. (janda / saudara perempuan)

.

Komentar