Besok, Polres Wonogiri Aktifkan Pos Penyekatan di 4 Lokasi Perbatasan

by -45 views
Besok, Polres Wonogiri Aktifkan Pos Penyekatan di 4 Lokasi Perbatasan

WONOGIRI – Mulai besok (6/5), Polsek Wonogiri akan mengaktifkan empat tiang pompa isolasi. Titik pertama ditempatkan di jembatan timbang Nambangan, Kabupaten Selogiri, yang kebetulan menjadi pintu masuk Wonogiri dari arah Sukoharjo.

Titik kedua ada di Desa Biting, Kabupaten Purwantoro yang berbatasan dengan Ponorogo, Jawa Timur. Kemudian pos pengasingan lainnya berada di Desa Glonggong, Kabupaten Giriwoyo yang berbatasan dengan Pacitan, Jawa Timur. Terakhir, pos blokade di sekitar jalur selatan (JLS) Kecamatan Pracimantoro yang berbatasan dengan Gunungkidul.

Posko sudah siap, personel, sarana dan prasarana juga sudah siap. Pelaksanaannya akan sinergi antara TNI / Polri dengan pemerintah daerah, kata Kapolres Wonogiri AKBP Christian Tobing, Rabu (5/5).

Baca:  Seleksi CPNS & PPPK Pemkab Boyolali, Butuh 1.952 Formasi

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Tengah Yulianto Prabowo mengunjungi Terminal Tipe A Giri Adipura Wonogiri untuk memantau wisatawan, Rabu sore. Ia mengatakan, meski ada kebijakan pemerintah tentang penghapusan atau larangan pemulangan, masih ada Boro yang pulang ke kampung halaman sebelum 6 Mei.

“Wonogiri memiliki jumlah wisatawan terbanyak di Jateng,” ujarnya.

Yulianto menambahkan, sesuai instruksi Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, uji Covid-19 harus dilakukan untuk wisatawan. Baik dengan pengujian GeNose dan antigen cepat. Ia pun mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Kabupaten Wonogiri dan Dinas Kesehatan Wonogiri yang telah mengecek kedatangan penumpang.

“Ini untuk mencegah peningkatan kasus, untuk melindungi keluarga wisatawan juga. Karena kita tahu wisatawan ini datang dari berbagai daerah, kita tidak tahu zonanya apa,” jelasnya.

Baca:  Arus Lalin di Wilayah Sukoharjo Mulai Naik

“Jadi kita tidak hanya melakukan isolasi fisik, tapi juga isolasi kesehatan,” tambah Yulianto.

Sedikitnya ada 14 titik isolasi di Jawa Tengah yang berbatasan dengan provinsi lain. Di setiap titik isolasi akan ada staf gabungan dari TNI / Polri, dinas kesehatan, dan instansi terkait lainnya. Pada saat itu juga akan ada tes Covid-19.

Ia berharap warga Wonogiri yang berada di luar negeri tidak kembali dulu. Misalnya, untuk melepaskan diri dari keterasingan, ia juga harus memikirkan kesehatannya dan keluarganya di kampung halamannya. (al / ria)

.

Komentar