Bus AKAP Distop, Bus Berstiker Non-Mudik Masih Boleh Layani Penumpang

by -57 views
Bus AKAP Distop, Bus Berstiker Non-Mudik Masih Boleh Layani Penumpang

WONOGIRI – Mulai besok (6/5), armada Bus Antar Provinsi (AKAP) tidak lagi mengangkut wisatawan. Hal tersebut sesuai dengan Peraturan Menteri Perhubungan (Permenhub) Republik Indonesia Nomor PM 13 Tahun 2021 tentang Pengendalian Transportasi Pada Hari Raya Idul Fitri 1442 Hijriah Dalam Rangka Pencegahan Penyakit Virus Corona 2019 (Covid -19).

Permenhub mengatur transportasi darat, termasuk bus, yang dilarang digunakan atau dioperasikan untuk tujuan pemulangan. “Terminal masih beroperasi. Ada kendaraan yang beroperasi, tapi penumpang termasuk kategori non-kembali,” kata Koordinator Terminal Tipe A Giri Adipura Wonogiri Agus Hasto Purwanto, Rabu (5/5).

Agus menjelaskan, penumpang kategori non-pulang telah diatur dalam Peraturan Menteri Perhubungan Nomor 13 Tahun 2021 dan Surat Edaran Satgas Nomor 13 Tahun 2021 tentang Penghapusan Hari Kepulangan Hari Raya Idul Fitri 1442.

Baca:  Ganti Rugi Dulu, Baru Hapus Aset

Orang yang dapat melakukan perjalanan pulang, yaitu mereka yang sedang bekerja atau dalam perjalanan dinas, mengunjungi keluarga yang sakit atau anggota keluarga yang meninggal dunia, ibu hamil yang telah melahirkan, dan penduduk dengan kepentingan tertentu yang tidak pulang dengan keadaan yang diatur.

Selain itu, kata Agus, Kementerian Perhubungan juga mengeluarkan stiker khusus untuk bus yang masih beroperasi membawa penumpang dalam perjalanan tanpa kembali. Bus tersebut akan mengangkut penumpang non-kembali yang memiliki kualifikasi.

“Kami juga bersama Satgas Dealing Covid-19 Wonogiri untuk mengecek kedatangan penumpang. Selain itu, kami juga memberikan edukasi agar bisa melaksanakan protokol kesehatan,” jelasnya. (al / ria)

.

Komentar