Gibran Larang Lurah Terbitkan SIKM dengan Tujuan Daerah Zona Merah

by -29 views
Gibran Larang Lurah Terbitkan SIKM dengan Tujuan Daerah Zona Merah

SOLO – Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming Raka telah melarang kepala desa di Solo menerbitkan Surat Izin Masuk dan Keluar (SIKM) kategori zona merah Covid-19. Larangan ini harus dipatuhi karena perjalanan ke zona merah berpotensi tinggi penyebaran Covid-19.

Gibran menegaskan, setiap kepala desa yang akan menerbitkan SIKM bisa dimonitor melalui aplikasi. Untuk itu, dia berharap hal tersebut tidak dilanggar oleh kepala desa.

“Kepala desa tidak bisa mengeluarkan SIKM atau memperbolehkan warganya melakukan perjalanan ke zona merah. Dilarang, nanti terlihat saat kepala desa mengirimkan masukan ke e-village. Dan saya sarankan jangan pulang dulu,” jelasnya , Rabu (5/5).

Gibran menambahkan, Kota Solo sendiri terlepas dari kawasan zona merah Covid-19. Hingga saat ini, sebagian besar wilayah di Kota Solo berada di zona hijau dan kuning.

Baca:  Overheat, Pabrik Kerupuk di Klaten Terbakar

“Zona merah sudah tidak ada lagi, masih ada beberapa zona oranye. Dan kita akan segera go green,” imbuhnya.

Sebaliknya, Gibran menekankan bahwa warga harus menahan diri untuk tidak pulang atau bepergian. Ia berharap performa bagus menekan angka Covid-19 saat ini bisa dipertahankan.

“Penampilan kami bagus. Kami tidak mau pulang, lalu naik lagi. Warga berharap tidak pulang dulu. Dan saya anjurkan warga jangan terlalu banyak bergerak,” kata Gibran. (atn / ria)

.

Komentar