20 Tetangga Jokowi di Solo Positif Covid, Kampung Sumber Di-Lockdown

by -56 views
20 Tetangga Jokowi di Solo Positif Covid, Kampung Sumber Di-Lockdown

SOLO – Kampung Sumber RT 06 RW 07 Kelurahan Sumber, Kecamatan Banjarsari sudah dikunci selama 10 hari. Ini terjadi setelah 20 warganya dinyatakan positif Covid-19. Diketahui lokasi penutupan RT hanya beberapa meter dari rumah Presiden Republik Indonesia Joko Widodo.

Pelaksana Tugas Wali Kota Sumber Supyanto mengatakan kasus penyebaran virus tersebut berawal dari salah satu warga yang menjalani tes usap antigen dan dinyatakan positif Covid-19. Meski sebelumnya yang bersangkutan memang sakit, namun tetap menghadiri acara buka puasa bersama keluarga pada puasa terakhir, Rabu (12/5). Setelah merasa yakin, Puskesmas Sumber langsung melacak warga lain yang punya kedekatan.

Akibatnya 19 orang terkena mahkota, kata Supyanto, Minggu (16/5).

Baca:  Dapat Ganti Rugi Proyek Tol, Ratusan KK Jadi Tuan Tanah

Saat ini, 19 orang positif Covid-19 menjalani isolasi di Asrama Haji, Donohudan, Boyolali. Sedangkan satu orang lainnya menjalani isolasi independen. Desa-desa perkotaan juga telah mengambil langkah-langkah untuk membatasi kegiatan atau penguncian masyarakat.

“Kami segera mengambil tindakan untuk membatasi kegiatan masyarakat kepada 55 Kepala Keluarga (KK) selama 10 hari,” jelasnya.

Supriyadi menambahkan, asesmen perkembangan kasus Covid-19 di desa akan segera dilakukan. Apalagi sanksi terhadap masyarakat akan berakhir pada Rabu (18/5), jika tidak ada kasus baru. Namun, jika ada kasus tambahan, penguncian akan diperpanjang hingga 14 hari.

Bhabinsa dan bhabinkamtibmas juga dijaga ketat untuk memastikan warga tidak meninggalkan lokasi karantina. Pasalnya, 55 warga juga menjalani karantina di rumah. Dan pasokan pangan dipenuhi oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD).

Baca:  Tilap Uang BKK Jateng, Widyarsi Dituntut 5 Tahun 

Ketua Satgas Covid-19 Ahyani membenarkan adanya kelompok keluarga di Sumber, Banjarsari. Ada 20 orang yang dinyatakan positif Covid-19 dan menjalani karantina di Asrama Haji, Donohudan, Boyolali. Ahyani menjelaskan, rombongan keluarga ini berasal dari salah satu warga yang ikut buka puasa bersama.

“Kasusnya bermula saat warga mengalami gejala buka puasa. Saat tes dan pelacakan hasil usapan positif,” ujarnya. (rg / ria)

.

Komentar