10 Karyawan PG Tasikmadu Terpapar Covid, Pabrik Tidak Di-Lockdown

by -33 views
10 Karyawan PG Tasikmadu Terpapar Covid, Pabrik Tidak Di-Lockdown

KARANGANYAR – Ratusan pekerja pabrik gula (PG) Tasikmadu menjalani rapid tes antigen, hari ini (10/6). Ini menyusul 10 pekerja pabrik yang terpapar Covid-19.

Kepala Tata Usaha PG Tasikmadu Karanganyar, Walyanto membenarkan ada 10 pegawainya yang terpapar Covid-19. Untuk mengantisipasi penyebaran di sekitar PG Tasikmadu telah diterapkan 5M. Artinya, mewajibkan pekerja memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, menjauhi orang, dan membatasi pergerakan dan interaksi antar pekerja.

“Awalnya 15 orang, tapi sekarang sudah sembuh lima orang. Semua kebutuhan sudah disediakan dan ditanggung oleh PG,” tambah Walyanto.

Mengenai sumber penularan, Walyanto mengaku belum mengetahui secara pasti. Hal ini karena beberapa pekerja tidak hanya bekerja di pabrik, tetapi juga bekerja di pertanian.

Baca:  329 Personel Tersebar di Beberapa Pospam di Kawasan Boyolali

“Banyak dari mereka yang tinggal di pedesaan dan melakukan pelayanan di pedesaan. Kami juga tidak tahu dari mana mereka berasal. Untuk quick antigen yield, dari 100 pekerja semuanya negatif,” jelasnya.

Walyanto menambahkan, perusahaan masih beroperasi dan tidak ada lockout. Pihaknya lebih menekankan kepada karyawan untuk selalu memperhatikan protokol kesehatan karena beberapa ruangan dan lokasi produksi telah menyediakan fasilitas cuci tangan.

“Ini lebih kepada penegakan proses. Kami juga melakukan penyemprotan disinfektan dengan pemerintah kabupaten,” katanya.

Di objek wisata Sondokoro yang terletak di lingkungan PG Tasikmadu, Walyanto mengaku belum akan menutupnya. Ini akan didiskusikan dengan pengelola, untuk menentukan apakah ditutup sementara atau tidak.

Baca:  Karanganyar Izinkan Resepsi Hajatan, Bisa Pakai Piring Terbang

Sementara itu, hingga Rabu (9/6), penyebaran Covid-19 di Kabupaten Karanganyar meningkat. Ada 443 kasus Covid-19 aktif. Sebanyak 54 orang diketahui terpapar dalam sehari, 17 orang sembuh, dan empat meninggal dunia. (rud / adi / ria)

.

Komentar