Klaten Lanjutkan Vaksinasi Guru, Terima 38 Ribu Dosis Vaksin

by -29 views
Klaten Lanjutkan Vaksinasi Guru, Terima 38 Ribu Dosis Vaksin

KLATEN – Kabupaten Klaten kembali menerima 38 ribu dosis vaksin Covid-19 fase IX dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes). Vaksin tersebut didistribusikan langsung ke seluruh puskesmas, rumah sakit, dan fasilitas pelayanan kesehatan lainnya.

“Kemudian kita petakan penggunaannya. Prioritasnya yang mau menerima vaksin Covid-19 dosis kedua. Termasuk mencari target baru lainnya,” jelas Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan (Dinkes) Klaten Anggit Budiarto, Jumat (11/6).

Anggi menjelaskan, vaksinasi saat ini difokuskan pada pendidik dan tenaga kependidikan. Selain tenaga kesehatan, lansia dan PNS lainnya. Mengingat pendidik harus selesai divaksinasi sebelum pembelajaran tatap muka (PTM) dibatasi Juli mendatang.

Anggit mengatakan, hingga Kamis (10/6), sebanyak 76.000 orang telah divaksinasi. Meski begitu, pencapaian ini masih jauh dari target yang ditetapkan, yakni 930 ribu orang.

Baca:  Benda-Benda Diduga Cagar Budaya di Karanganyar Lenyap Dicuri

“Data pelaksanaan vaksinasi Covid-19 kita masukkan di hari yang sama. Jadi, ketika petugas kesehatan selesai vaksinasi, langsung masuk data dari Kementerian Kesehatan. Harapannya, saat vaksinasi selesai, Klaten akan mendapatkan lebih banyak vaksin dari pusat,” ujarnya.

Ia menambahkan, SDM dan infrastruktur vaksinasi sudah siap. Mengingat ada 52 fasilitas kesehatan di Klaten yang siap melakukan vaksinasi. Namun, itu masih tergantung pada drop vaksin dari pusat.

“Apalagi 100 orang, bahkan 200 orang bisa divaksinasi di setiap fasilitas kesehatan jika logistik tersedia. Katakanlah setiap fasilitas kesehatan di Klaten memvaksinasi hanya 100 orang, dalam sehari total 5.200 orang telah divaksinasi,” katanya. . (ren / adi / ria)

.

Komentar