Tambah 100 Pasien OTG, Kapasitas Asrama Haji Donohudan Hampir Overload

by -30 views
Tambah 100 Pasien OTG, Kapasitas Asrama Haji Donohudan Hampir Overload

BOYOLALI – Asrama Haji Donohudan Boyolali kembali menerima 100 pasien tanpa gejala (OTG) dari Kudus pada Kamis (11/6) malam. Data Jumat (12/6) sore, sebanyak 658 pasien asal Kudus dan eks Karesidenan Surakarta menjalani isolasi gratis (isoman). Dengan kapasitas maksimal 820 tempat tidur, ini berarti kapasitas akomodasi Haji Donohudan Hostel hampir penuh.

Kepala Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Asrama Haji Donohudan dan Komandan Korem 074/Surakarta Kolonel Inf Deddy Suryadi menegaskan, penanganan pasien OTG dilakukan sesuai standar operasional prosedur (SOP). Hal ini juga mendapat beberapa masukan dari pasien OTG.

“Pasien dirawat sesuai SOP. Faktor komorbid memperburuk kondisi pasien yang meninggal kemarin (dua meninggal). Sejauh ini tidak ada masalah. Namun ada beberapa masukan dari pasien kepada kami,” jelasnya.

Baca:  Tanah Amblas Robohkan Rumah Warga di Bantaran Kali Pepe

Beberapa masukan diberikan, seperti makanan yang cukup, bahkan berlebihan. Pasien OTG di asrama haji minta tukar lauk agar tidak bosan. “Mereka masih memikirkan rumah yang mereka tinggalkan di Kudus. Namun, pihaknya telah berkomunikasi dengan pejabat setempat untuk dikawal dan diawasi. Jadi tidak perlu khawatir,” imbuhnya.

Hingga saat ini, sebanyak 658 pasien OTG telah diisolasi di Asrama Haji Donohudan. Sebanyak 468 orang dari Kudus dan 190 orang dari eks Karesidenan Surakarta. Sebanyak 40 pasien dirawat di rumah sakit karena gejala. Mereka tersebar di RS Dr Moewardi, RST Slamet Riyadi, RS Surakarta, dan RS Bung Karno. Selain itu, dua orang meninggal karena ada riwayat penyakit penyerta hipertensi.

Baca:  Petugas Hentikan Travel Rombongan Pengantin di Exit Tol Sragen

“Kami berharap jumlah pasien yang diisolasi tidak bertambah. Kami telah menyelesaikan rumkitlap (rumah sakit lapangan) untuk TNI Angkatan Darat di Benteng Vastenburg. Mudah-mudahan tidak terpenuhi. Sudah menjadi tanggung jawab kami untuk menyediakan tempat tidur ICU dan tenaga kesehatan,” katanya. .

Pantauan di Asrama Haji Donohudan, sebanyak empat bus dari Kudus bersiap menjemput pasien OTG yang dinyatakan negatif Covid-19. Namun, hingga Jumat (11/6) lalu, hasil laboratorium belum turun. Belum diketahui berapa pasien yang sembuh.

Sementara itu, Pengelola Gedung Asrama Haji Donohudan Bambang Sumanto mengatakan ada tambahan 100 pasien OTG dari Kudus pada Kamis malam. Dan sore ini ada tambahan 11 pasien OTG dari eks Karesidenan Surakarta. Kapasitas tempat tidur di asrama haji adalah 872 orang dan untuk tenaga kesehatan (perempuan) 52 orang. Oleh karena itu, hanya tersedia 820 tempat tidur untuk pasien OTG.

Baca:  RSUD Karanganyar Dilaporkan Soal Covidkan Pasien, Polisi Panggil Saksi

“Untuk tenaga kesehatan masih bisa dilakukan. Karena ada tambahan 11 orang dari Solo Medika. Jumlah tenaga kesehatan kita 29 orang,” ujarnya. (rgl / bun / ria)

.

Komentar