Solo Bakal Punya Bus Listrik, BST pun Dilengkapi Rak untuk Sepeda

by -27 views
Solo Bakal Punya Bus Listrik, BST pun Dilengkapi Rak untuk Sepeda

SOLO – Armada bus bertenaga listrik dan Batik Solo Trans (BST) yang direnovasi dilengkapi rak sepeda dipamerkan di Balai Kota Surakarta, di luar city tour rombongan bengkel angkutan kota Kementerian Perhubungan, Jumat (11/6). )). Rencananya, armada bus bertenaga listrik itu akan diuji coba beberapa bulan sebelum resmi beroperasi pada 2022. Sementara itu, ke depan seluruh BST akan dilengkapi rak sepeda.

Kepala Bidang Perhubungan Pelayanan Angkutan Kota Surakarta Taufiq Muhammad menjelaskan, kunjungan ke kota menggunakan bus listrik atau BST merupakan rangkaian kegiatan Kementerian Perhubungan (Kemenhub) di Solo dalam beberapa hari terakhir. Sebelumnya, agenda workshop transportasi perkotaan tentang pelaksanaan program layanan pembelian di sejumlah kota menjadi pembahasan utama. Hal ini untuk mengukur kebermanfaatan program, sebelum direlokasi ke sejumlah kota lain.

“Selama ini penilaian untuk Solo memiliki pelayanan dan manfaat yang baik. Hal ini diukur dari tingginya animo pengguna angkutan umum di Solo yang mencapai 13.000 penumpang per hari. Rinciannya feed 4.500 penumpang per hari dan BST sekitar 8.500 penumpang per hari,” dia menjelaskan.

Baca:  Disdikbud Pemkab Sukoharjo Tak Terpengaruh Peleburan 2 Kementerian

Dalam kesempatan itu, Kementerian Perhubungan juga memperkenalkan armada bus listrik ke sejumlah daerah yang telah menerapkan program layanan pembelian. Rencananya, armada ramah lingkungan untuk mendukung gerakan kota hijau sudah bisa dilaksanakan pada 2022.

“Kalau arahnya dari pusat, mudah-mudahan tahun depan kota-kota yang sudah menerapkan layanan beli bisa menggunakan bus listrik ini. Setidaknya dalam satu koridor. Namun untuk menuju ke sana, perlu pendekatan lebih agar Solo lebih siap menggunakan jenis bus ini. armada,” ujarnya.

Untuk mempertimbangkan usulan tersebut, armada bus bertenaga listrik akan beroperasi selama satu hingga dua bulan ke depan. Hal ini dilakukan karena PT Bengawan Solo Trans selaku operator BST harus mempertimbangkan kelebihan dan kekurangan armada listrik.

Baca:  Batal Beli Burung, Warga Jumantono Dikeroyok Rekan Seperguruan Silat

Pemkot juga harus mengukur kebutuhan sarana dan prasarana pendukung lainnya yang harus disiapkan, jika armada tersebut akan digunakan di Solo. Tergantung dana dan bantuan dari pemerintah pusat.

“Ini baru diperkenalkan. Setelah ini, armada listrik akan dikemudikan di Solo untuk satu atau dua bulan ke depan. Soal bagaimana uji teknisnya, masih akan disesuaikan lebih lanjut. Kalau mau, akan diuji seperti operasi BST normal,” jelasnya.

Dalam kesempatan itu, Dinas Perhubungan Kota Surakarta juga menunjukkan contoh rak sepeda yang wajib dipasang di seluruh armada BST. Aturan ini mengacu pada kontrak kerja untuk program layanan pembelian dengan Kementerian Perhubungan. Dimana transportasi perkotaan harus ramah lingkungan dan mengakomodir seluruh masyarakat termasuk pengguna sepeda.

“Ini masih contoh, kita tunjukkan ke kementerian dan walikota. Nanti setiap armada BST akan dilengkapi rak yang bisa menampung sepeda besar. Sepeda lipat atau kecil bisa ditaruh di armada bus,” kata Taufiq.

Baca:  Muncul Titik Api Diam di Puncak Merapi, Warga Diminta Tetap Tenang

Oleh karena itu, setiap armada BST akan dilengkapi dengan dua rak sepeda. Jika Pemkot Surakarta saat ini memiliki 79 armada BST yang beroperasi di empat koridor berbeda, berarti BST di Solo mampu menampung 158 unit sepeda oversized di setiap pelayanannya. Juli mendatang diharapkan seluruh armada BST sudah dilengkapi fasilitas rak sepeda ini.

“Sementara, kapasitas dua sepeda itu besar. Memang tidak banyak, tapi mengingat jumlah armada yang dimiliki, masyarakat bisa terlayani. Setiap lima menit BST selalu lewat, di koridor 1 ada 25 armada, koridor 2 ada 16 armada, koridor 3 ada 20 armada, dan di koridor 4 ada 18 armada. Diharapkan masyarakat yang menggunakan sepeda juga dapat mengakses angkutan umum ini. Sehingga bagi yang pergi ke sekolah atau bekerja dengan sepeda yang menempuh jarak jauh dapat memanfaatkan BST. (ves / bun / ria)

.

Komentar