Pulang dari Hajatan di Kudus, 10 Warga Sukoharjo Positif Covid

by -17 views
Pulang dari Hajatan di Kudus, 10 Warga Sukoharjo Positif Covid

SUKOHARJO – Penyebaran Covid-19 yang berasal dari Kudus tiba di Sukoharjo. Sebanyak 10 warga Sukoharjo terpapar Covid-19 usai mengikuti festival di Kudus.

Juru bicara Satgas Covid-19 Kabupaten Sukoharjo Yunia Wahdiyati mengatakan selama periode 7-14 Juni 2021 ditemukan 24 klaster baru. Dimana setiap kelompok berlangsung pengiriman kepada dua sampai tujuh orang, baik kepada anggota keluarga maupun tetangga.

“Jumlah kasus positif selama periode ini sebanyak 260 kasus. Meningkat 42 kasus dibandingkan pekan sebelumnya 118 kasus,” kata Yunia, Senin (15/6).

Menurut Yunia, salah satu kelompok yakni dua kasus positif di Kecamatan Nguter diduga terkait dengan Covid-19 Kudus. Pasalnya, hasil deteksi dan penelusuran keduanya memiliki riwayat menghadiri hajatan di Kabupaten Kudus, Jawa Tengah.

Baca:  Tiga Berkas Dirikim ke Kejaksaan

“Dari dua kasus dalam kelompok keluarga ini, setidaknya 10 orang dalam keluarga terinfeksi,” kata Yunia.

Kemudian rombongan di Mojolaban dimulai dengan kedatangan tamu dari Kudus. Setelah tamu kembali, lima hari kemudian tuan rumah mengalami gejala demam, batuk, pilek. Setelah dirawat, ternyata positif Covid-19.

“Dalam satu kelompok di Mojolaban, dua orang terpapar,” kata Yunia.

Yunia mengatakan, pihaknya belum mengetahui apakah orang yang terpapar asal Kudus itu merupakan varian baru dari Covid-19. Pihaknya, kata Yunia, masih menunggu hasil tes genom.

“Kita belum tahu varian baru atau tidak. Misalnya ya PPKM mikro akan diperketat,” ujarnya.

Selain itu, ada juga pesta meriah di Baki yang dihadiri tujuh orang. Kemudian, dua kelompok keluarga dan pengiriman ke tetangga di Grogol dengan 11 kasus positif.

Baca:  Kasus Jual Beli Satwa Dilindungi, Burung Sitaan Belum Bisa Dilepas

“Sejak awal pandemi, sudah ada 85 kelompok dengan lima hingga 32 wabah,” pungkasnya. (kwl / ria)

.

Komentar