Buka Lemari Kamar, Seorang Nenek Temukan Mortir

Ilustrasi peluru mortir. (foto: istock)

INDONESIAONLINE – Warga Kelurahan Bendogerit, Kota Blitar, bernama Sugiyanti (80), menemukan sebuah peluru mortir di lemari rumahnya pada Jumat (29/3/2024).

Peluru mortir tersebut diduga  peninggalan almarhum suami Sugiyanti, Pelda Purnawirawan Koernen, seorang pensiunan TNI AD. Peluru mortir itu langsung dievakuasi dan dimusnahkan oleh tim Jibom (Penjinak Bom) Polda Jatim.

Awalnya, saat sedang membersihkan lemari, Sugiyanti menemukan sebuah peluru mortir yang disimpan di dalamnya. Berukuran 26 cm panjangnya dan 5 cm diameter, peluru itu menimbulkan kepanikan di lingkungan sekitar. Sugiyanti segera memberi tahu menantunya, M. Ismail, tentang temuan itu.

Tanpa menunggu waktu lama, Ismail melaporkan penemuan tersebut kepada babinsa dan bhabinkamtibmas setempat. Polsek Sananwetan dan Polres Blitar Kota segera bertindak dengan mengamankan lokasi penemuan sambil menunggu kedatangan Tim Subden Jibom Detasemen Gegana Sat Brimob Polda Jatim. Tim evakuasi berhasil mengamankan peluru mortir tersebut tanpa adanya insiden.

“Alhamdulillah, tim evakuasi berhasil mengamankan peluru mortir tersebut tanpa adanya insiden yang membahayakan keselamatan masyarakat sekitar,” terang Kasubsi Penmas Polres Blitar Kota Aipda Supriyadi.

Tindakan preventif dilakukan dengan sterilisasi dan penyisiran rumah Sugiyanti untuk memastikan tidak ada bahan peledak lain yang tersembunyi. Tim Jibom kemudian memusnahkan peluru mortir tersebut di Lapangan Tembak Batalyon 511/DY Blitar.

Aipda Supriyadi menyatakan bahwa peluru mortir tersebut diduga merupakan peninggalan almarhum suami Sugiyanti yang merupakan purnawirawan TNI AD. “Proses evakuasi dan pemusnahan dilakukan dengan koordinasi yang baik antara pihak kepolisian dan tim penjinak bom untuk memastikan keselamatan dan keamanan masyarakat sekitar,” pungkas Supriyadi.

Kejadian ini menjadi pengingat pentingnya kesadaran akan bahaya benda-benda berpotensi meledak di sekitar lingkungan kita. Semua pihak diharapkan dapat lebih waspada dan proaktif dalam melaporkan temuan-temuan yang mencurigakan demi menjaga keselamatan bersama. (ar/hel)

 

Blitarmortir ditemukan di lemarinenek temukan mortirPeluru mortir