Dapat Pertanyaan Soal Papua di Debat Capres, Prabowo Akui Rumit dan Ungkap Keterlibatan Asing

Capres nomor urut 2, Prabowo Subianto saat menjawab pertanyaan panelis debat capres soal Papua, Selasa (12/12/2023). (Foto" YouTube KPU)

INDONESIAONLINE – Capres nomor urut dua, Prabowo Subianto mendapat pertanyaan pertama dalam debat capres, Selasa (12/12/2023) malam. Pertanyaan tersebut mengenai solusi atas masalah HAM di Papua.

“Tren kekerasan di Papua meningkat, masalah HAM masih belum selesai sehingga konflik berlanjut. Apa strategi penyelesaian masalah HAM di Papua?” tanya moderator Valerina Daniel di Gedung KPU, Menteng, Jakpus.

Mendapat waktu dua menit, Prabowo mengaku bahwa permasalahan yang terjadi di Papua kompleks.

“Masalah Papua adalah, rumit. Di situ terjadi suatu gerakan separatisme. Gerakan ini kita sudah ikuti cukup lama,” jawabnya.

Prabowo juga mengatakan bahwa ada dugaan kuat soal keterlibatan pihak asing atas konflik yang berlarut-larut,

“Kita lihat ada campur tangan asing di situ. Kekuatan tertentu ingin Indonesia disintegrasi dan pecah,” ungkapnya.

Untuk mengatasi masalah itu, Prabowo menyebut masalah HAM menjadi sesuatu yang harus prioritas. Terutama untuk melindungi seluruh rakyat Papua.

“Rencana saya, pertama menegakkan hukum, memperkuat aparat di situ, menguatkan ekonomi,” urainya.

Dia juga menguraikan bahwa dalam dua periode kepemimpinan, Presiden Joko Widodo punya perhatian besar untuk Papua.

“Presiden Jokowi yang paling banyak ke Papua, kalau tidak salah sudah 19 kali. Peningkatan ekonomi yang paling pesat, paling tinggi selama sejarah,” bebernya.

“Saya akan lanjutkan, kita harus membawa kemajuan dan service terbaik untuk rakyat Papua. Melindungi rakyat dari keganasan para separatis dan teroris dan menjamin penegakan HAM,” pungkasnya.

Debat Capres Pertama

KPU melaksanakan debat pertama untuk capres dan cawapres pada Pilpres 2024. Debat pertama berlangsung, Selasa (12/12/2023) malam. Selama masa kampanye Pemilu 2024 pada 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024, akan ada lima kali debat.

Debat kali ini mengangkat tema tentang pemerintahan, hukum, hak asasi manusia (HAM). Selain itu juga pemberantasan korupsi, penguatan demokrasi, peningkatan layanan publik, dan kerukunan warga.

KPU juga telah menetapkan tiga pasangan calon presiden dan wakil presiden sebagai peserta Pilpres 2024. Pertama, Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar dengan nomor urut 1. Kedua, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka dengan nomor urut 2. Ketiga, Ganjar Pranowo-Mahfud MD dengan nomor urut 3.

debat capreskekuatan asingPapuapenegakan HAMPrabowo