Dinas PMD Blitar MoU dengan BPJS Ketenagakerjaan, Bayar BPJAMSOSTEK Cukup Lewat BUMDes

INDONESIAONLINE – BPJS Ketenagakerjaan bersinergi dengan BRI dan Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Kabupaten Blitar menggelar penandatanganan kesepakatan bersama, Selasa (12/7/2022). Kegiatan yang dipusatkan di Gedung Kesenian Aryo Blitar ini dihadiri oleh Kepala Kantor BPJS Ketenagakerjaan Blitar Agus Dwi Fitriyanto, Kepala BRI Kantor Cabang Blitar Yulizar Verda Febrianto, dan Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Rully Wahyu Prasestyowanto.

Kepala Dinas PMD Kabupaten Blitar, Rully Wahyu Prasetyowanto mengatakan, kesepakatan bersama ini diharapkan dapat memudahkan akses masyarakat pekerja untuk mendapatkan pelayanan jaminan sosial ketenagakerjaan khususnya di wilayah Blitar.

‘’Mulai hari ini masyarakat pekerja dapat melakukan pendaftaran dan pembayaran iuran BPJS Ketenagakerjaan melalui seluruh BUMDes (badan usaha milik desa) yang berada di wilayah Kabupaten Blitar. Dan selanjutnya dapat juga melakukan pembayaran iuran kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan di seluruh agen BRILink,’’ kata Rully.

Kepala Kantor Cabang BPJS Ketenagakerjaan Blitar Agus Dwi Fitriyanto mengatakan dirinya terus berupaya untuk menghadirkan layanan yang lebih dekat dengan para pekerja. “Melalui BUMDes dan agen BRILink, para pekerja tidak perlu datang ke kantor untuk melakukan pendaftaran ataupun pembayaran iuran BPJS Ketenagakerjaan. Cukup lewat BumDes atau agen BRILink terdekat hal itu bisa dilakukan,” ungkap Agus.

Agus menambahkan, pembayaran iuran melalui agen BRILink sangat mudah. Peserta bukan penerima upah (BPU) cukup datang ke agen BRILink terdekat dengan menunjukkan KTP atau kartu peserta dan membayar sesuai dengan nominal iuran yang tertera .’’Kerja sama ini adalah terobosan untuk memberikan kemudahan kepada masyarakat dalam pembayaran iuran BPJAMSOSTEK,’’ tukasnya.

Sementara itu, Kepala BRI Kantor Cabang Blitar Yulizar Verda Febrianto mengapreasiasi kerja sama ini. Ke depan diharapkan kerja sama antar-stakeholder dapat terus terjalin untuk terus memberikan kemudahan-kemudahan kepada masyarakat khususnya para pekerja.
‘’Kami mendukung penuh program-program dar BPJS Ketenagakerjaan. Hadirnya program BPJAMSOSTEK adalah untuk memberikan perlindungan kepada pekerja,” ucapnya. (Adv/Kmf)