Dukung Pemulihan Ekonomi di Tuban, ExxonMobil berikan Perhatian pada Pelaku Usaha Mikro Lewat Ibu Inspirasi

JATIMTIMES – Komitmen atau dukungan perusahan lewat Ibu Inspirasi progam ExxonMobil Cepu Limited (EMCL) dalam memberdayakan pelaku usaha mikro kreatif utamanya untuk perempuan sebagai komitmen EMCL pada masa pemulihan ekonomi serta mendukung kemajuan masyarakat di Kabupaten Tuban. 

Pada sambutan, Public and Government Affairs EMCL, Hasti Asih mengatakan bahwa, perusahaan mengapresiasi kepada ibu- ibu pelaku usaha mikro yang ikut serta progam ibu inspirasi tahun 2021. Selain itu, EMCL juga memberikan penghargaan dan apresiasi program pemberdayaan ekonomi perempuan yang difasilitasi Kontraktor Kontrak Kerja Sama (KKKS) SKK Migas, EMCL. Antara lain pendampingan teknik dan strategi mengelola sebuah usaha dan memasarkan produk, termasuk perizinan kepada 100 pelaku usaha,dengan menggandeng yayasan kopernik sebuah lembaga swadaya global.

“Kami berterima kasih kepada ibu ibu inspirasi yang telah mengikuti progam ini serta memperoleh pendampingan Kopernik. Semoga bisa bermanfaat,” ujar Hasti Asih di Pendapa Krida Manunggal, Senin (6/12/2021). 

Sementara, Sekda Tuban Budi Wiyana mengatakan bahwa, Ibu Inspirasi ini bentuk sinergitas dan menjadi salah satu pilar progam prioritas yang dikembangkan oleh Bupati Tuban Aditya Halindra Faridzky di masing – masing wilayah atau kecamatan untuk mendorong pelaku usaha mikro.

“Progam ini sinergis dengan progam Mas Bupati untuk mengembangkan produk unggulan di wilayah,” kata Budi Wiyana

Lebih lanjut, Budi Wiyana mengatakan Pemkab Tuban mengapresiasi Exxonmobil dan Kopernik. Pasalnya, progam Ibu Inspirasi sasarannya kepada ibu rumah tangga yang notabenenya bersentuhan langsung dengan urusan ekonomi keluarga. Namun, Dia memberikan catatan kepada Exxonmobil dan Kopernik untuk mengembangkan usaha – usaha kreatif tersebut tidak hanya pada pendampingan melainkan juga pemasaran produk yang juga diperhatikan dan dikembangkan dengan dinas-dinas terkait.

“Kita harap progam semacam ini dikembangan catatannya (Exxonmobil, Kopernik) berhasil jangan cuma pendampingan, melainkan juga praktik pengembangan usaha- usaha kreatif serta nantinya bisa evaluasi dan bisa dilanjutkan ke sasaran lain pada program yang bisa difasilitasi dinas. Kami harap bisa dikerjasamakan dan ditunjang untuk pemasaranya,” jelasnya.

Senada Budi Wiyana Kepala Dinas koperasi, Perindustrian dan Perdagangan (Diskoperindag) Kabupaten Tuban Agus mengatakan, pihak dinas telah memfasilitasi pelaku usaha mikro tingkat lokal diantaranya pemasaran produk lewat digitalisasi sistem online yakni di Penglarisku. 

“Harap kami di tingkat lokal kami juga memberikan kontribusi. Monggo silahkan untuk yang sudah berizin kami fasilitasi. Dan kedepan secara offline kami harap peningkatan produknya untuk bisa dipasarkan di toko modern,” ungkapnya.

Sementara itu, Direktur Komunikasi dan Inisiatif Strategis Yayasan Kopernik, Sergina Loncle mengatakan bahwa, Ibu Inspirasi merupakan progam tahunan Exxonmobil diperuntukkan 100 pelaku usaha mikro untuk ibu – ibu dari 13 kecamatan di Tuban.

“Mereka (pelaku usaha) diberikan pembimbingan bagi yang mempunyai potensi dan semangat berwirausaha, yang fokusnya meningkatkan kapasitas, kemudian pengembangan atau pembaruan operasi bisnis dan akses market,” tutupnya



Ahmad Istihar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like

Harga Minyak Goreng Jadi 11.500 per Liter, Gubernur Khofifah Berharap Harga Ini sampai Konsumen Paling Akhir

Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa saat di samping wali Kota Kediri. (foto:…

BI-FAST Lengkapi Fitur JConnect Mobile Bank Jatim untuk Transfer Lebih Murah

INDONESIAONLINE – BI-FAST merupakan salah satu layanan yang dikeluarkan oleh Bank Indonesia…