Erupsi Dua Kali, Gunung Semeru Semburkan Abu Vulkanik Sejauh 500 Meter

Gunung Semeru mengalami erupsi dan menyemburkan abu vulkanik sejauh 500 meter, Sabtu (6/4/2024) (bisniscom)

INDONESIAONLINE – Gunung Semeru, gunung tertinggi di Pulau Jawa dengan ketinggian 3.676 meter di atas permukaan laut (mdpl), mengalami erupsi sebanyak dua kali pada Sabtu (6/4/2024) pagi ini.

Erupsi pertama tercatat di seismograf Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Pos Pengamatan Gunung Semeru pada pukul 05.11 WIB. Erupsi tersebut menyemburkan abu vulkanik setinggi 400 meter di atas puncak gunung.

Sekitar satu jam kemudian, tepatnya pada pukul 06.10 WIB, Semeru kembali erupsi. Erupsi kedua ini tercatat lebih besar dibandingkan erupsi pertama.

Kolom abu vulkanik teramati berwarna putih hingga kelabu dengan intensitas sedang dan menyembur hingga mencapai ketinggian sekitar 500 meter di atas puncak atau sekitar 4.176 mdpl.

Liswanto, petugas Pos Pengamatan Gunung Semeru, melaporkan bahwa erupsi tersebut masih berlangsung saat laporan ini dibuat.

“Pihak PVMBG masih terus memantau aktivitas Semeru dan belum mengeluarkan rekomendasi peningkatan status aktivitas gunung tersebut. Hingga saat ini, Gunung Semeru masih berstatus siaga atau level III,” ucapnya.

Hingga berita ini diturunkan, belum ada laporan mengenai dampak erupsi terhadap masyarakat sekitar. Namun, warga diimbau untuk tetap waspada dan mengikuti arahan terbaru dari PVMBG.

Selain itu masyarakat yang tinggal di sekitar lereng Gunung Semeru disarankan untuk selalu menyiapkan masker dan kacamata untuk melindungi diri dari abu vulkanik. Serta bisa memantau informasi terkini mengenai aktivitas Gunung Semeru melalui situs web PVMBG https://magma.esdm.go.id/ atau media sosial resmi PVMBG.

erupsi gunung semerugunung semerustatus gunung semeru