Hasil Hitung Suara Sementara KPU: Angka Prabowo-Gibran Menang di Jatim

Hasil hitung suara yang dirilis KPU per pukul 09:00:20 WIB dengan total akumulasi TPS di Jatim (42,15%) (SC kpu)

INDONESIAONLINE – Melansir hasil hitung suara yang dirilis secara maraton oleh KPU melalui https://pemilu2024.kpu.go.id/ per pukul 09:00:20 WIB dengan total akumulasi TPS di Jatim (42,15%), pasangan calon presiden dan wakil presiden nomor urut 2 Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka melesat jauh meninggalkan dua rivalnya.

Di mana, Prabowo-Gibran mendulang 65,5 persen dengan raihan suara 2.061.285. Sedangkan pasangan capres-cawapres nomor urut 1 mendulang 503,222 suara atau 15,99 persen dan Ganjar Pranowo-Mahfud MD 18,51 persen atau 582,243 suara.

Raihan suara Prabowo-Gibran tersebut tentunya membuat peta pilihan presiden yang dibayangkan dua putaran, terbilang kandas. Selisih persentase kedua rival Prabowo-Gibran dengan persentase suara masuk di situs KPU terlalu jauh untuk dikejar.

Di mana, suara yang belum masuk menyisakan sekitar 57,85 persen yang masih diperebutkan tiga paslon. Sedangkan untuk selisih angka rata-rata dua paslon untuk mengejar ketertinggalan sekitar di angka 47 persen dari Prabowo-Gibran.

Data tersebut melansir situs KPU akan terus berubah sesuai persentase suara yang masuk melalui publikasi Form Model C/D dari hasil penghitungan suara di TPS. Tujuan publikasi untuk memudahkan akses informasi publik.

Jokowi Ucapkan Selamat

Di kesempatan lain Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan agar para pihak tetap bersabar dikarenakan hasil hitung manual KPU yang jadi hasil resmi masih terus berjalan.

Jokowi juga mengatakan telah menyampaikan ucapan selamat kepada Prabowo Subianto atas kemenangannya berdasarkan hasil hitung cepat (quick count) dari berbagai lembaga survei.

“Sudah (mengucapkan) selamat, selamat. Ketemu langsung semalam,” kata Jokowi, Kamis (15/2/2024).

Jokowi juga menyampaikan hasil penghitungan quick count itu adalah metode penghitungan yang ilmiah, di tengah mulai ramainya banyak pihak menyebut adanya berbagai praktek curang dan lainnya.

“Tetapi apapun kita harus menunggu hasil resmi dari KPU. Jadi sabar, ojo kesusu. Sabar,” pungkas Jokowi.

hasil hitung kpu di jatimJokowiKPUPemilu 2024Pilpres 2024Prabowo Gibran