Heboh Dugaan Peserta Miss Universe Indonesia Diminta Telanjang saat Seleksi

Para pemenang di ajang Miss Universe Indonesia.

INDONESIAONLINE – Ajang Miss Universe Indonesia (MUID) 2023 tengah menjadi sorotan publik. Hal itu terjadi lantaran muncul dugaan para finalis kontes kecantikan difoto telanjang saat pemeriksaan tubuh.

Buntut  dugaan skandal tersebut, CEO hingga direktur visual Miss Universe Indonesia mengundurkan diri. Termasuk province director Bali dan Jabar juga mengundurkan diri.

Kecurigaan skandal tersebut awalnya dibongkar oleh Province Director Bali Sally Giovanny lewat unggahan di Instagram-nya. Sally mengatakan  beredar rumor bahwa para finalis MUID 2023 diminta telanjang di hadapan para penilainya. Tak hanya itu. Mereka juga difoto dan dikhawatirkan akan disalahgunakan oleh oknum tak bertanggung jawab.

“Selamat sore saya dapat kabar anak2 body check disuruh telanjang tapi difoto. Apa diperbolehkan? Ini melanggar aturan loh, kalau ternyata disebarluaskan gimana?” tulis keterangan Sally Giovanny melalui akun Instagram-nya.

Sally pun geram jika rumor tersebut  benar dan ada oknum yang melakukan itu kepada para peserta MUID 2023. Padahal ia mengaku sejauh ini tetap mengikuti peraturan yang telah dibuat secara resmi.

“Teh @rizkyanandamusa pak @michael.simon Kita semua mengikuti peraturan dan kriteria yang sesuai tapi ternyata ada udang di balik bangku,” demikian tulisan Sally.

Dia juga menunjukkan cara body checking yang benar. Yakni dengan menggambar sketsa tubuh dan menuliskan detail yang didapatkan dari hasil pemeriksaan.

Unggahan Sally pun langsung direspons oleh Province Director Jawa Barat Rizky Ananda Musa yang turut kesal dengan oknum yang memanfaatkan momentum penilaian ajang kecantikan tersebut.

“Ini body check JABAR menggunakan gambar tidak, difoto telanjang di depan laki-laki juga, gimana anak2 ga pada nangis,” kata Rizky Ananda Musa.

Rizky mengaku terang-terangan membongkat skandal tersebut agar mendapatkan keadilan. “Kenapa saya dan Sally Giovany lantang bicara karena kami menegakkan keadilan,” kata wanita yang akrab disapa Bunda Kiky itu, Senin (7/8/2023).

Rizky juga mengklaim, dirinya dan Sally terus menguak kebenaran agar tidak ada korban lagi di ajang serupa. “Biar tidak ada korban berikutnya berjatuhan. Kenapa kami lantang bersuara? Karena kami tidak takut dan punya power masing-masing,” kata Rizky.

Usai membongkar hal itu, Rizky memutuskan untuk mundur dari jabatannya sebagai national director Miss Universe Indonesia Jawa Barat. Begitu juga  Sally yang mundur dari national director Miss Universe Indonesia Bali.

Tak hanya mereka. CEO Miss Universe Indonesia Eldwen Wang dan Direktur Visual Rio Motret juga mundur. Keduanya mengabarkan hal itu melalui Instagram.

Eldwen Wang atau lebih dikenal sebagai Wang Jin-Seok mengumumkan dirinya melepaskan jabatannya sebagai CEO MUID. Ia mengaku ingin fokus pada karier dan pekerjaan sebelumnya di kota kelahirannya, Surabaya.

“Merupakan kehormatan besar bagi saya untuk menjabat sebagai CEO Miss Universe Indonesia selama masa kontrak kerja saya. Saya meminta maaf seiring perjalanan waktu saya harus membuat keputusan untuk fokus pada karier dan pekerjaan sebelumnya di kota kelahiran saya,” tulisnya Eldwen Wang di akun Instagramnya.

Senada dengan Eldwen, Rio Motret juga mundur dari MUID dengan alasan hendak fokus pada pekerjaannya. “Halo, saya Riomotret dan melalui kesempatan ini, saya hanya ingin memberi tahu kalian bahwa perjalanan saya bersama Miss Universe Indonesia telah berakhir. Ini merupakan perjalanan yang indah namun menakjubkan, penuh tantangan, kesenangan, dan pengalaman baru. Tapi saya harus mengucapkan selamat tinggal kepada Miss Universe Indonesia agar saya bisa lebih fokus pada proyek saya yang akan datang. Saya ingin mengucapkan terima kasih kepada semua anggota tim saya, tim Miss Universe Indonesia, juga semua pihak dan orang-orang yang mendukung saya sejak awal perjalanan ini,” ungkap Rio Motret melalui akun Instagramnya.

Sebagai informasi tambahan, ajang kecantikan Miss Universe Indonesia (MUID) 2023 sukses digelar pada Kamis 3 Agustus 2023 di Beach City International Stadium (BCIS) Ancol, Jakarta. Fabienne Nicole Groeneveld berhasil keluar sebagai pemenang dan meraih mahkota sebagai Miss Universe Indonesia 2023 yang akan bersaing di kancah internasional.

Selain Fabienne, ada nama Vina Anggi Sitorus sebagai 1st runner-up dan Muthia Fatika Rachman sebagai 2nd runner-up yang juga mendapat perhatian. Keputusan ini diambil oleh dewan juri yang salah satunya adalah aktris Catherine Sharon Gasnier. (bin/hel)

Miss Universemiss universe indonesiaskandal ajang Miss Universe