Hobi Ganjar Nginap di Rumah Warga, Ini Kata Pengamat

Ganjar Pranowo saat menginap di salah satu rumah warga di Lampung Timur (Ist)

INDONESIAONLINE – Ada yang menarik dengan hobi salah satu calon presiden di pilpres 2024, yaitu Ganjar Pranowo. Hobi Ganjar tersebut adalah menginap di rumah warga khususnya yang berada di pelosok desa di berbagai daerah Indonesia.

Hal ini pun mendapat sorotan dari pengamat komunikasi politik Profesor Iswandi Syahputra dari Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Menurutnya, kebiasaan calon presiden nomor urut 3 iini bukanlah suatu upaya yang hanya dilakukan menjelang pemilihan presiden, melainkan sudah menjadi bagian integral dari karakter asli Ganjar.

“Itu terlihat sejak beliau menjabat sebagai Gubernur Jawa Tengah,” ucapnya.

Hobi Ganjar menginap di rumah warga ini, lanjutnya, mencerminkan tiga aspek utama. “Pertama itu karakter genuine atau asli, jadi karakter asasiyah, dia memang begitu. Orang yang memang dekat dengan kehidupan rakyat kecil,” ujar Iswandi.

Kedua, Iswandi menilai bahwa kebiasaan Ganjar menginap di rumah warga sulit ditiru oleh orang lain. Meskipun ada beberapa yang mungkin bisa melakukannya, namun hal tersebut memerlukan pelatihan.

“Bukan soal mudah loh ya. Tidur di rumah penduduk itu bukan saja membutuhkan kesiapan fisik saja, tapi kenyamanan psikologis, ketenangan emosional, kesiapan mental. Jadi nggak mudah itu,” terangnya.

Ketiga, tindakan ini menunjukkan konsistensi dan ketulusan Ganjar dalam berinteraksi dengan masyarakat.

Menurut Iswandi, Ganjar tidak memerlukan latihan khusus untuk tidur di rumah warga, karena tingkat kedekatannya sudah mencapai level tertinggi. Konsistensinya dalam menginap di rumah warga juga dilihat sebagai bentuk karakter yang asli dan bukan sebagai upaya rekayasa atau kampanye politik semata.

“Jangan-jangan yang sudah dilakukan Pak Ganjar itu (nginep di rumah warga), bagian dari sumber kebahagiaan dia,” kata Guru Besar Program Studi Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial (FIS) ini.

Iswandi menyimpulkan bahwa hobi Ganjar Pranowo menginap di rumah warga menciptakan kedekatan emosional yang kuat dengan masyarakat. Hal ini menciptakan hubungan yang lebih transparan, bebas, dan terbuka, memberikan Ganjar keunggulan kompetitif dalam membangun ikatan emosional yang mendalam dengan masyarakat.

“Dan di sini terlihat karakternya Ganjar itu teruji. Orang-orang inilah yang ke depan kalau terpilih, itu memang sudah terbiasa menghadapi rakyat. Jadi rakyat pun merasa ada garansi sosial di depan itu,” paparnya.

Ganjar Pranowohobi ganjarhobi ganjar menginap di rumah warga