Napi Kelas 1 Malang Akan Pakai Layanan Vidcall Saat Silaturahmi Lebaran Nanti

by -164 views
Napi Kelas 1 Malang Akan Pakai Layanan Vidcall Saat Silaturahmi Lebaran Nanti

Lembaga pemasyarakatan (Lapas) Kelas I Malang akan memfasilitasi warga binaan pemasyarakatan (WBP) untuk bisa bersilaturahmi pada lebaran nanti dengan keluarga mereka. Tapi, bukan bertatap muka langsung, melainkan melalui sambungan daring video call atau layanan vidcall yang sedang dipersiapkan oleh pihak Lapas.

Kepala Lapas Kelas 1 Malang, Agung Krisna membenarkan adanya fasilitas untuk para WBP tetap bisa bersilaturahmi dengan keluarga mereka. Pandemi Covid-19 yang masih belum diketahui kapan berakhirnya, memang membuat kunjungan dari keluarga WBP ditiadakan.

Meskipun begitu, adanya peniadaan kunjungan tak lantas menghilangkan hak para WBP untuk bisa berkomunikasi dan bersilaturahmi merasakan momen lebaran bersama keluarga.

“Kita fasilitasi dengan video call. Saat ini kan masa pandemi, kunjungan juga ditiadakan sementara. Saat ini hanya bisa memberikan barang titipan kepada WBP pada sore hari, jam 14.00 WIB sampai jam 16.00 WIB. Kalau sebelumnya kan jam 08.00 WIB sampai jam 10.00 WIB diganti sore hari itu,”  jelas Agung, Sabtu (9/5/2020).

Baca:  Edarkan Sabu, Peternak Puyuh Dicokok BNN

Lanjutnya, untuk keluarga WBP yang ingin bersilaturahmi dengan melakukan video call, harus mengikuti mekanisme pendaftaran yang telah ditentukan. Keluarga WBP harus mendaftar melalui aplikasi Abdi LSima.

“Di sana mereka harus memasukan identitas asli, foto KTP, foto selfie, hubungan keluarga dengan WBP dan kemudian mendaftar untuk melakukan video call dan akan mendapat kan nomor antrian atau jadwal,” jelasnya.

Setelah mendapatkan jadwal, bilamana waktu telah tiba, keluarga akan dihubungi untuk bisa melakukan video call. Namun jika dalam urutannya mereka tak bisa melakukan video call pada waktu itu, maka akan bergeser pada urutan selanjutnya.

“Setiap sesi video call diberikan waktu 10 menit. Dan untuk video call kita gratis tidak berbayar. Tapi ya itu harus mendaftar seperti halnya akan kunjungan biasa. Untuk waktu video call tersebut, dapat dilakukan pada setiap hari, kecuali Minggu,” pungkasnya. (as/dn)