Israel Serang Tepi Barat Palestina, 6 Orang Tewas

Pengeboman oleh Israel di wilayah Palestina.

INDONESIAONLINE – Enam warga Palestina tewas dalam serangan Israel ke Tepi Barat yang diduduki pada Minggu (7/1) pagi waktu setempat. Pada hari yang sama, satu anggota Israel tewas imbas kendaraan dinas terkena bom.

“Pemboman pendudukan Israel terhadap sekelompok warga menewaskan enam orang di Jenin,” kata Kementerian Kesehatan yang dikelola Otoritas Palestina yang berbasis di Ramallah seperti diberitakan AFP dikutip Senin (8/1/2024).

Serangan tersebut juga membuat tiga polisi Israel terluka. Kendati demikian, belum terkonfirmasi enam warga Palestina dan polisi Israel tersebut meninggal akibat serangan yang sama atau tidak.

“Dia (petugas) berada di dalam kendaraan operasional yang terkena bahan peledak,” kata pasukan tersebut.

Kantor berita resmi Palestina, Wafa, melaporkan pada Minggu pagi bahwa pengerahan besar-besaran pasukan Israel sedang dilakukan di Jenin.

Penggerebekan tentara Israel di wilayah Jenin kerap memicu baku tembak antara tentara dan militan Palestina.

Tentara mengatakan mereka menargetkan “teroris” dalam serangannya, namun Kementerian Kesehatan Palestina mengatakan banyak warga sipil termasuk di antara korban tewas.

Kekerasan telah meningkat di Tepi Barat usai serangan Hamas ke Israel pada 7 Oktober 2023 yang mengakibatkan kematian sekitar 1.140 orang. Israel kemudian melakukan serangan tanpa henti dan invasi darat yang telah menewaskan sedikitnya 22.722 orang di Gaza, Palestina. Kebanyakan dari korban tewas adalah wanita dan anak-anak.

Selain di Gaza, Israel juga melakukan serangan di Tepi Barat. Setidaknya, 327 warga Palestina telah terbunuh di Tepi Barat sejak konflik pecah. (mut/hel)

IsraelPalestinaperang Palestina v IsraelTepi Barat