Jelang Idul Fitri 1444 H, Pemkab Blitar Kebut Perbaikan Jalan Rusak

Jelang Idul Fitri 1444 H, Pemkab Blitar Kebut Perbaikan Jalan Rusak

INDONESIAONLINE-Perbaikan jalan di Kabupaten Blitar dikebut jelang hari raya Idul Fitri 2023. Perbaikan ini dilakukan untuk memperlancar arus mudik jelang lebaran dan memberikan kenyamanan masyarakat  saat lebaran nantinya.

Ya, perbaikan jalan yang digenjot oleh Pemkab Blitar ini menjadi jawaban bagi masyarakat. Sebelumnya, dalam beberapa waktu terakhir masyarakat kerap mengeluhkan kerusakan infrastruktur jalan di media sosial. Keluhan itu dijawab secara lugas oleh Pemkab Blitar dengan melakukan perbaikan jalan mulai akhir bulan Maret 2023.

Kepala Dinas PUPR Kabupaten Blitar Dicky Cobandono menyampaikan, perbaikan jalan rusak di periode ini menyasar beberapa wilayah di Kabupaten Blitar. Agar tepat sasaran dan tepat guna, sebelum jalan diperbaiki Dinas PUPR menerjunkan tim untuk meninjau lokasi.

“Sesuai dengan data, pengerjaan jalan rusak pada tahun 2023 hampir menyeluruh di setiap wilayah. Namun, pengerjaannya akan dilakukan secara bertahap. Dan perlu diketahui,

sebelum kita melakukan perbaikan jalan, petugas terlebih dahulu  turun ke lapangan meninjau lokasi. Baru kemudian, dilakukan perbaikan jalan yang disesuaikan dengan jenis pekerjaan diantaranya Hotmix ataupun Cor Beton,” kata Dicky.

Dicky menambahkan, di akhir bulan Maret 2023 ada tiga wilayah kecamatan di Kabupaten Blitar yang menjadi trial perbaikan jalan rusak menggunakan jenis pekerjaan Laston AC-WC (Hotmix). Ketiga kecamatan itu masing-masing Sutojayan, Ponggok dan Kademangan.

Wilayah Kecamatan Sutojayan pengerjaan jalan Kedungbunder sampai Pandanarum sepanjang 800 meter. Setelah selesai, akan dilanjutkan ke ruas jalan Jegu sampai Kaulon dengan panjang 800 meter. Ada pula perbaikan jalan yang sudah selesai yaitu wilayah Kecamatan Ponggok meliputi Bacem sampai Sidorejo dengan panjang 600 meter. Dan, akan dilanjutkan ke ruas jalan Ringinanyar sampai Bacem sepanjang 1000 meter.

“Lalu, untuk Kecamatan Kademangan yang masih proses pengerjaan ialah ruas jalan Kademangan sampai Darungan sepanjang 1000 meter. Jika sudah selesai, petugas akan geser ke ruas jalan Kademangan sampai Dawuhan dengan panjang 800 meter,” jelasnya.

Lebih lanjut Dicky menyampaikan, perbaikan jalan di periode ini Dinas PUPR masih fokus di tiga lokasi. Namun demikian pihaknya memastikan perbaikan jalan akan dilanjutkan ke sejumlah ruas jalan lain setelah pengerjaannya rampung. Perbaikan di wilayah lain akan menyesuaikan dengan data yang masuk dan usulan dari masyarakat.

“Sesuai dengan petunjuk Ibu Bupati Blitar Mak Rini, perbaikan jalan di seluruh wilayah harus merata tidak boleh pilih-pilih. Dan, yang perlu diperhatikan adalah tentang jenis pengerjaannya karena ada ruas jalan yang harus menggunakan cor beton dan hotmix, Nah untuk pengaspalan hotmix kita lakukan pada malam hari karena kondisi jalanan lebih kondusif dibandingkan siang hari. Untuk pengaspalan hotmix kita dari Dinas PUPR banyak menurunkan alat berat ke lokasi, sehingga jika dikerjakan pada siang hari maka akan menggangu aktivitas pengguna jalan,” tutupnya.

Terpisah, Bupati Blitar Rini Syarifah menyampaikan, perbaikan jalan rusak di Kabupaten Blitar sudah dimulai pada bulan Maret 2023. Perbaikan diawali dengan pekerjaan pengaspalan hotmix di depan Kantor Kecamatan Ponggok dan jalan desa di Desa Darungan Kecamatan Kademangan. Rini memastikan di awal tahun ini Pemkab Blitar telah menyiapkan anggaran Rp 98 miliar untuk perbaikan jalan di seluruh wilayah Kabupaten Blitar.

“Untuk yang lainya sekarang sedang dalam tahap administrasi, termasuk lelang. Khususnya untuk pekerjaan beton di wilayah Blitar selatan sesuai petunjuk Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) harus melalui uji coba kualitas dulu, agar kualitas pekerjaan bisa terjamin.  Sehingga ini membutuhkan tambahan waktu untuk pengerjaanya,” kata Rini.(Adv/Kmf)