Jurusan Kuliah Teraneh di Dunia, Mempelajari The Beatles hingga Jadi Paranormal

Foto legendaris yang menunjukkan personel The Beatles menyeberang jalan. Ada kampus yang khusus mempelajari grup band legendaris asal Inggris ini.

INDONESIAONLINE – Jika mau menempuh kuliah, kita biasanya mengambil jurusan yang sudah populer. Sebut saja ilmu kedokteran, ekonomi, matematika, ilmu bahasa, dan lain-lain.

Namun, dunia pendidikan tinggi memang terus berkembang sehingga muncul jurusan-jurusan yang semakin tidak konvensional atau tidak biasa di sejumlah perguruan tinggi di luar negeri.

Mereka membuka membuka jurusan kuliah yang terbilang unik dan nyeleneh. Program-program studi itu akan sulit ditemukan di kampus-kampus Indonesia.

Berikut jurusan-jurusan teraneh di dunia:

1. Pendidikan Petualangan (Adventure Education)

Jurusan ini mengajarkan pemanfaatan alam bebas dengan baik dan cara memperkenalkan petualangan kepada orang lain. Peluang kerja yang dimiliki adalah dapat bekerja dalam pendidikan luar ruangan taman nasional atau program petualangan lainnya.

Jurusan ini  ditemukan di kampus University of the Highlands and Islands (UHI) dan Plymouth South University di Amerika Serikat.

2. Ilmu Pengambilan Keputusan (The Science Of Decision)

Mahasiswa jurusan ini akan mempelajari teori-teori dasar dan hasil studi pengambilan keputusan beserta penerapannya pada permasalahan dunia nyata.

Mahasiswa akan mendapatkan metode mengumpulkan dan menganalisis data perilaku seperti melakukan survei untuk mengungkap preferensi konsumen atau manajer, merancang eksperimen, dan mengevaluasi efektivitas intervensi.

Kampus yang memiliki jurusan ilmu pengambilan keputusan antara  lain University of Technology Sydney atau University of Leeds.

3. Psikis

Jurusan ini sangat keren karena mempelajari  metode ilmiah untuk memprediksi masa depan. Lulus  jurusan ini akan dapat bekerja sebagai seorang paranormal. Beberapa kampus yang memiliki jurusan ini adalah University of Rhode Island, Trinity College in the University of Toronto, dan Prescott College.

4. Peretasan Etis (Ethical Hacking)

Jurusan ini menggabungkan jaringan komputer, forensik digital, dan pengembangan ahli serta pemprograman. Mahasiswa akan mempelajari cara melindungi data dan sistem informasi.

Jurusan ini memberi pemahaman mendalam tentang kejahatan dunia maya sehingga mahasiswa akan memiliki keterampilan teknis untuk menghentikan peretas dengan cepat.

Peluang kerja jurusan ini adalah bekerja sebagai information security analyst, security analyst, certified ethical hacker (CEH), security consultant computer/ networking/information technology), information security manager, penetration tester.

Kampus yang memiliki jurusan ini adalah Coventry University di Inggris atau Purdue University, AS.

5. Teknologi Taman Hiburan (Theme Park Technology)

Jurusan ini mungkin cukup familiar dengan mempelajari teknik elektro sebagai fokus utama dan beberapa aspek teknik sipil serta mesin. Peluang kerja yang dimiliki adalah bekerja sebagai insinyur di taman hiburan.

Jurusan ini dapat didapatkan pada kampus Fullerton College, Auburn University, dan University Tuen Mun.

6. Astrobiologi

Mahasiswa jurusan ini akan belajar tentang kehidupan luar planet Bumi dan memiliki kesempatan menjelajahi evolusi awal kehidupan. Jurusan ini memiliki peluang kerja sebagai ilmuwan, pendidik, atau peneliti.

Kampus yang memiliki jurusan ini adalah Pennsylvania State University, Arizona State University, Florida Institute of Technology, dan Birkbeck University.

7. Ganja

Kampus seperti Lake Superior State University di AS membuka jurusan cannabis business. Mahasiswa di jurusan ini mempelajari undang-undang tentang ganja yang ditetapkan baik di AS maupun internasional. Lulusannya akan memiliki keterampilan untuk merencanakan, mengembangkan, dan menjalankan bisnis dalam batasan hukum.

Adapun Kampus Truman State University di AS membuka jurusan ganja untuk mempelajari penggunaannya sebagai terapi dalam praktik pengobatan tradisional dan holistik. Selain mempelajari soal analisis kandungan, jurusan ini juga menyediakan praktik budidaya hingga bisnis yang masuk dalam aturan hukum.

8. Pemetaan Digital

Siswa jurusan ini akan mempelajari cara membuat peta virtual. Mereka akan memiliki peluang kerja bekerja di perusahaan navigasi. Jurusan ini dapat ditemui pada kampus University of Kentucky, University of Puget Sound, dan University of Wisconsin Madison.

9. Pelelangan

Jurusan ini akan membantu siswa dalam belajar tentang cara melelang barang terbaik dari atas ke bawah. Siswa lulusan jurusan ini akan dapat bekerja sebagai seorang juru lelang.

Kampus yang memiliki jurusan ini adalah International University of Malaya Wales dan Dublin Institute of Technology.

10. Psikometri

Jurusan ini akan mengajarkan siswa tentang cara memahami hasil tes dengan cermat. Sehingga peluang kerja yang dimiliki adalah bekerja sebagai penafsir hasil tes untuk sekolah atau pemerintah.

Kampus yang memiliki jurusan ini adalah Morgan State University, Vanderbilt University, University of Connecticut, dan Boston College.

11. Musik Bagpipe

Jurusan ini cocok bagi siswa yang ingin belajar tentang bagpiping dan berkarier di bidang alat musik tersebut. Siswa lulusannya akan dapat bekerja sebagai bagpiper dan bisa menjadi pengajar bagi orang lain.

Kampus yang memiliki jurusan ini adalah Carnegie Mellon University, University of Glasgow, Royal Conservatoire of Scotland, dan Edinburgh University.

12. Ilmu Turfgrass

Jurusan ini mengajar para siswanya tentang pemeliharaan spesies rumput turfgrass. Peluang kerjanya tentu bisa pada bidang pemeliharaan lapangan golf atau perawatan rumput profesional.

Jurusan ini dapat ditemukan di kampus North Carolina State University, University of Nebraska, Clemson University, dan Maine University.

13. Ilmu Roti

Jurusan ini sangat menarik karena mengajarkan siswa tentang segala aspek terkait industri kue, termasuk penelitian dan proses produksi. Peluang kerja jurusan ini cukup luas, yaitu dapat bekerja di restoran, katering, membuka toko roti, bekerja di hotel, dan bahkan di laboratorium pengujian makanan.

Kampus dengan jurusan ini adalah  Johnson & Wales University dan Southern New Hampshire University.

14. The Beatles

Jurusan ini mungkin menjadi jurusan yang paling keren. Siswa jurusan ini akan diajarkan tentang cara melihat dampak luar biasa dari The Beatles terhadap banyak aspek di masyarakat. Peluang kerja yang dimiliki adalah dapat bekerja sebagai sejarawan Beatles atau spesialis musik populer.

Kampus dengan jurusan ini adalah University of Liverpool. (red/hel)

 

Jurusan kuliah teranehserba-serbi