KAI Daop 8 Surabaya Operasikan 4 KA Jarak Jauh Tambahan, Antisipasi Lonjakan Penumpang Libur Nyepi

PT KAI Daop 8 Surabaya tambah kereta api jarak jauh tambahan untuk hadapi hari libur nyepi dan cuti bersama (Ist)

INDONESIAONLINE – PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daop 8 Surabaya mengoperasikan 4 kereta api (KA) jarak jauh tambahan untuk mengantisipasi lonjakan penumpang pada momen libur panjang akhir pekan ini hingga Hari Raya Nyepi dan cuti bersama awal pekan depan.

“KAI Daop 8 Surabaya siap mengakomodir kebutuhan pelanggan yang akan menggunakan KA jarak jauh dengan menjalankan 4 KA tambahan yang berjalan pada akhir pekan,” kata Manager Humas KAI Daop 8 Surabaya Luqman Arif, Kamis (7/3/2024).

Libur dan cuti bersama Hari Raya Nyepi jatuh pada 11-12 Maret 2024. Lonjakan penumpang diprediksi mulai terjadi pada akhir pekan ini. Ditambah lagi, momen libur panjang kali ini bertepatan dengan awal bulan Ramadan.

“Praktis, potensi masyarakat untuk melakukan perjalanan akan lebih besar,” ujar Luqman.

4 KA Jarak Jauh Tambahan

Keempat KA jarak jauh tambahan tersebut akan beroperasi mulai Jumat (8/3/2024) hingga Selasa (12/3/2024). Pada periode tersebut, total terdapat 48 keberangkatan KA jarak jauh yang terdiri dari 44 KA jarak jauh reguler dan 4 KA jarak jauh tambahan.

Berikut rincian 4 KA jarak jauh tambahan yang dioperasikan Daop 8 Surabaya:

  1. KA Arjuno Ekspres relasi Malang – Surabaya Gubeng
  2. KA Arjuno Ekspres relasi Surabaya Gubeng – Malang
  3. KA Sancaka relasi Surabaya Gubeng – Yogyakarta
  4. KA Malabar (pagi) relasi Malang – Bandung

Luqman mengingatkan kepada seluruh calon penumpang untuk memperhatikan kembali saat menginput data diri pemesanan dan juga jadwal keberangkatan KA. Selain itu, pastikan juga menyediakan waktu yang cukup untuk menuju stasiun sehingga tidak tertinggal oleh KA.

Bagi masyarakat yang akan melakukan pemesanan tiket pada libur perayaan Hari Raya Nyepi 2024, apabila KA yang diinginkan telah habis, dapat menggunakan fitur connecting train pada aplikasi Access by KAI. Fitur ini nantinya akan mengkombinasikan jadwal perjalanan KA yang bersifat persambungan.

hari raya nyepika jarak jauh tambahanpt kai