GeNose C19 Diuji Coba di Terminal Patria Blitar

by -35 views
GeNose C19 Diuji Coba di Terminal Patria Blitar

BLITARTIMES – Terminal Patria Kota Blitar mulai melakukan uji coba pelayanan tes GeNose C-19 kepada calon penumpang. Uji coba ini setelah fasilitas GeNose dari Kementerian Perhubungan tiba di terminal terbesar di Bumi Bung Karno.

Kepala Terminal Patria Kota Blitar Verie Sugiharto dilansir BLITARTIMES dari laman situs resmi Pemkot Blitar mengatakan, alat deteksi virus Covid-19 melalui hembusan nafas ini mulai diujicobakan kepada masyarakat mulai Senin (19/4/2021). 

Menurut dia, GeNose-19 dari kementerian ini untuk mengantisipasi masyarakat yang nekat mudik di masa momentum lebaran tahun 2021.

“Ya, meskipun pemerintah sudah mengeluarkan kebijakan larangan mudik, namun antisipasi harus tetap dilakukan. Salah satunya antisipasi pemudik yang curi start atau berhasil lolos dari pantauan petugas dengan lewat jalan tikus,” kata Verie.

Baca:  Doakan Dunia Hadapi Corona, UIN Malang Gelar Zikir

Verie menambahkan, terminal Patria menerima 1 unit mesin layanan GeNose-19 dengan total 300 kantong plastik udara sebagai alat test. Di masa uji coba ini, petugas dari terminal Patria akan memeriksa secara acak dengan sasaran 10 penumpang. Kebijakan tidak melanjutkan perjalanan akan diterapkan kepada calon penumpang yang hasil test-nya positif. Hasil test positif juga akan dilanjutkan dengan rapid test antigen.

“Hasil pemeriksaan kepada calon penumpang ini seluruhnya akan kita rekap. Hasil rekapan selanjutnya akan kita laporkan ke Badan Pengelola Transportasi Darat (BPTD) XI Jawa Timur kemudian diteruskan ke pusat,” paparnya.

 Fasilias tes GeNose di terminal Patria Kota Blitar direspon positif oleh masyarakat. Nanik, salah satu calon penumpang asal Kediri mengaku senang dan mendukung penuh pelayanan tes GeNose bagi calon penumpang di terminal Patria. Menurutnya, dengan adanya layanan ini memberikan ketenangan kepada masyarakat yang melakukan perjalanan.

Baca:  Kian Waspada, Kota Blitar Tingkatkan Pencegahan Virus Corona

“Dengan tes GeNose ini kita jadi tahu kondisi tubuh kita. Semoga layanan seperti ini ada juga di terminal lainya,” ungkap Nanik yang melakukan perjalanan dari Blitar menuju Malang.

 Sekedar diketahui, uji coba test GeNose-19 di terminal Patria Kota Blitar ini akan berlangsung sampai 30 hari ke depan. Selama uji coba, pemeriksaan tidak dipungut biaya. Setelah uji coba ini, terminal Patria Kota Blitar akan menunggu arahan selanjutnya dari Kementerian Perhubungan.

“Setelah uji coba selama 30 hari, kami dari pihak terminal  menunggu arahan selanjutnya dari pusat,” pungkas Verie.

 

ar/dn