KPK Terus Usut Dugaan Korupsi Sistem Perlindungan TKI 2012, Politikus PDIP Ribka Tjiptaning Diperiksa

Politikus PDIP Ribka Tjiptaning hari ini menjalani pemeriksaan KPK dalam kasus dugaan korupsi sistem perlindungan TKNI di Kemnaker tahun anggaran 2012. (foto Antara)

INDONESIAONLINE – Pengusutan kasus dugaan korupsi pengadaan sistem perlindungan Tltenaga kerja Indonesia (TKI) di Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) RI tahun anggaran 2012 terus berlanjut.

Hari ini (Kamis 1 Februari 2024) Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) memeriksa anggota DPR dari Fraksi PDI-P (PDIP) Ribka Tjiptaning.

Ribka diperiksa sebagai saksi tersangka Reyna Usman dan kawan-kawan. Reyna merupakan direktur jenderal Pembinaan Penempatan Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kementerian Ketenagakerjaan 2011-2015.

Kepala Bagian Pemberitaan KPK Ali Fikri  belum memberikan keterangan apa pun terkait pemeriksaan Ribka sebagai saksi dengan kasus ini. Biasanya, keterangan pers disampaikan setelah pemeriksaan.

Ribka memasuki gedung KPK dan terlihat duduk di lobi Gedung Merah Putih sejak pukul 09.37 WIB.

Selain Ribka, hari ini KPK juga menjadwalkan pemeriksaan terhadap dua orang saksi lagi. Yakni Ruslan Irianto Simbolon (PNS) dan Bunamas (swasta). Keduanya diperiksa untuk tersangka Reyna Usman dan kawan-kawan.

KPK menetapkan tiga orang tersangka dalam kasus dugaan korupsi pengadaan sistem perlindungan tenaga kerja asing di Kementerian Ketenagakerjaan tahun anggaran 2012. Mereka adalah Reyna Usman; Sekretaris Badan Perencanaan dan Pembangunan Kementerian Ketenagakerjaan dan Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) I Nyoman Darmanta; dan Direktur PT Adi Inti Mandiri (AIM) Karunia.n Ketiga tersangka ditahan penyidik ​​di Rumah Tahanan Negara (Rutan) Cabang KPK.

Berdasarkan perhitungan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK), kasus ini menyebabkan kerugian keuangan negara sebesar Rp 17,6 miliar.

Dalam proses penyidikan yang masih berjalan, KPK telah menggeledah Kantor Kementerian Ketenagakerjaan dan kediaman Reyna Usman di Jalan Merdeka atau Jalan Taki Niode Gorontalo dan Badung, Bali, serta menyita sejumlah barang bukti yang diduga terkait dengan kasus tersebut.

Selain itu, KPK memeriksa mantan Menteri Tenaga Kerja dan Kepala Transmigrasi Muhaimin Iskandar alias Cak Imin pada Kamis 7 September 2023 dan mendalami persetujuan yang bersangkutan sebagai pengguna anggaran proyek siste. perlindungan  TKI tersebut. (red/hel)

dugaan korupsi di KemnakerKPKReyna UsmanRibka Tjiptaning