KSAD Jenderal Dudung Tinjau UMKM di Korem 083/Bdj, Ingatkan Prajurit Hadir di Tengah Kesulitan Rakyat

JATIMTIMES – Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Dudung Abdurachman melakukan kunjungan kerja ke Markas Korem 083/Baladhikajaya Kodam V/Brawijaya didampingi Ketua Umum Persit Kartika Chandra Kirana Rahma Dudung Abdurachman bersama jajaran perwira tinggi TNI lainnya. 

Dalam kunjungannya ke Makorem 083/Baladhikajaya, Dudung melihat langsung produk-produk UMKM yang dihasilkan oleh para Babinsa dari beberapa perwakilan Kodim yang masuk dalam wilayah Korem 083/Baladhikajaya. 

Di antaranya dari jajaran Kodim 0818/Malang-Batu yang menampilkan kopi babinsa dari Desa Taji, Kecamatan Jabung, Kabupaten Malang. Lalu babinsa motivator yang menjadi pendamping kelompok disabilitas Kartika Mutiara Pakisaji, serta pembibitan tanaman porang yang memiliki nilai ekonomi tinggi. 

Kemudian dari jajaran Kodim 0821/Lumajang menampilkan produk unggulan kripik pisang dan dari Kodim 0820/Probolinggo menampilkan produk bawang goreng. 

Lalu juga ada dari jajaran Kodim 0819/Pasuruan dengan menunjukkan hasil pertanian organik dan alsintan. Selain itu juga terdapat hasil produk dari jajaran Kodim 0823/Situbondo yakni pembuatan pakan ternak dan pupuk organik dari limbah pertanian. 

Mantan Pangkostrad ini mengatakan, pihaknya merasa bangga dengan kinerja para prajurit TNI di jajaran Kodam V/Brawijaya khususnya di wilayah Korem 083/Baladhikajaya, karena telah melaksanakan delapan kewajiban prajurit TNI, utamanya yang kedelapan yakni menjadi contoh dan mempelopori segala kesulitan rakyat di sekelilingnya. 

“Dia sudah mengimplementasikan tujuh perintah harian kasad yang di dalamnya dikatakan setiap prajurit harus berdampak dimanapun kesulitan rakyat dan apapun itu bentuknya,” ungkap Dudung kepada JatimTIMES.com, Rabu (2/2/2022). 

Pihaknya juga mengapresiasi hasil olahan produk yang merupakan hasil kolaborasi antara jajaran Babinsa dengan masyarakat di sekitar wilayah satuan. Hal itu juga dapat memberikan peluang bagi prajurit TNI untuk memberikan edukasi kepada masyarakat. 

“Sehingga saya katakan prajurit-prajurit di Kodam V/Brawijaya berdampak kepada masyarakat karena selama pandemi Covid-19 banyak masyarakat yang terdampak ekonomi, jadi TNI harus hadir di tengah-tengah mereka,” ujar Dudung. 

Sementara itu, setelah meninjau beberapa hasil olahan UMKM yang dihasilkan dari kolaborasi antara Babinsa dengan masyarakat sekitar, Dudung beserta rombongan bergegas menuju Universitas Brawijaya (UB) untuk memberikan kuliah tamu dengan tema “Peran Strategic Leadership Style dan Green Human Resource Management Guna Membangun Kinerja Organisasi dalam Rangka Mendukung Pertahanan Negara”. 



Tubagus Achmad