Mandiri, Desa Kluncing Mampu Mengelola Sungai Menjadi Destinasi Wisata

by -17 views
Mandiri, Desa Kluncing Mampu Mengelola Sungai Menjadi Destinasi Wisata

BANYUWANGITIMES– Warga Dusun Krajan, Desa Kluncing, Kecamatan Licin, Banyuwangi berhasil mengelola sungai yang mengalir di wilayahnya menjadi “Kampung Ikan”. Kini, kawasan tersebut dikenal sebagai sebuah destinasi wisata yang menarik di sekitar wisata Ijen. Selain itu juga menjadi tempat budi daya ikan air tawar yang mempu menambah pendapatan bagi warganya.

“Sungai yang dahulunya kotor dan banyak sampah, berkat kesadaran masyarakat dan perubahan pola pikir (mindset) sekarang sudah bisa dibuat menjadi destinasi wisata dengan berbagai jenis ikan yang tumbuh dan berkembang dengan baik,” jelas H Hartono, Camat Licin kepada wartawan media ini di kantor desa Kluncing, Kecamatan Licin Selasa (4/05/2021).

Menurut Camat berkacamata tersebut, tumbuhnya Kampung Ikan menjadi destinasi wisata membuat masyarakat yang ada di sekitar aliran sungai bisa berwirausaha menjual minuman dan makanan dengan bahan dasar ikan. Kemunculan usaha itu diharapkan mampu meningkatkan perekonomian dan kesejahteraan masyarakat saat sekarang maupun di masa mendatang.

Baca:  Rencana Penebangan Sonokeling oleh DLH Tulungagung Disepakati Stop

Lebih jauh Hartono menuturkan, saat ini pihaknya menunggu hasil pengumuman dari Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (DPMD) Provinsi Jawa Timur (Jatim) terkait nominasi lomba gotongroyong terbaik di tingkat Jatim.

“Saat ini ada 6 desa yang masuk nominasi dan nantinya akan dipilih 4 desa dari kabupaten/kota di Jatim. Setelah lolos tahap presentasi akan dilanjutnya penilaian tinjau lapang dan evaluasi. Mohon doanya agar desa Kluncing lolos dan mampu meraih hasil yang terbaik. Dalam lomba sebelumnya desa Segobang kecamatan Licin mampu meraih hasil terbaik dalam mengikuti lomba gotongroyong tingkat Jatim,” pungkas Hartono.

(nur/pit)