Mahasiswa IPB Ditemukan Meninggal di Pulau Sempu, Polisi Turun tangan

Tim SAR mengevakuasi jenazah mahasiswa IPB yang ditemukan meninggal di Pulau Sempu, Kabupaten Malang.

INDONESIAONLINE – Galang Edhi Swasono (20), mahasiswa Institut Pertanian Bogor (IPB) yang hilang saat melakukan penelitian di Pulau Sempu, ditemukan dalam kondisi meninggal dunia, Jumat (29/12/2023). Jenazah korban sempat diketahui oleh nelayan sebelum akhirnya berhasil dievakuasi oleh tim SAR Gabungan.

Kepala Kantor SAR Surabaya Muhamad Hariyadi menuturkan, jenazah korban ditemukan di Teluk Semut, kawasan Pulau Sempu, Kabupaten Malang. “Jenazah korban berhasil dievakuasi dari lokasi penemuan ke titik evakuasi di Pantai Sendang Biru tadi (Jumat, 29/12/2023) pagi sekitar pukul 07.50 WIB,” tuturnya saat dikonfirmasi awak media, Jumat (29/12/2023).

Penemuan jenazah korban, diterangkan Hariyadi, bermula saat Tim SAR Gabungan mendapatkan informasi dari nelayan yang mengaku melihat jenazah yang terapung di Teluk Semut. “Informasi tersebut kami peroleh pada Jumat (29/12/2023) pagi sekitar pukul 07.30 WIB,” imbuhnya.

Tim SAR Gabungan yang menerima informasi tersebut kemudian bergegas melakukan pengecekan ke lokasi pertama kali ditemukan dan ke beberapa wilayah sekitarnya, hingga akhirnya berhasil menemukan korban yang pada saat itu telah dalam kondisi meninggal dunia.

“Jenazah korban kemudian dibawa ke RSSA (Rumah Sakit Saiful Anwar) Kota Malang untuk ditangani lebih lanjut oleh petugas yang berwenang, sebelum akhirnya diserahkan kepada pihak keluarga,” imbuhnya.

Sebelum berhasil ditemukan, Tim SAR Gabungan telah melakukan pencarian di perairan laut sekitar Pulau Sempu dengan menggunakan perahu jukung Basarnas. Selain itu, pencarian juga dilakukan menggunakan perahu nelayan setempat.

Tidak hanya fokus melakukan pencarian di perairan, SRU darat juga turut dikerahkan guna melakukan penyisiran di sekitar Pulau Sempu. Di saat bersamaan, SRU darat juga menyebarkan informasi terkait hilangnya korban kepada nelayan guna membantu proses pencarian.

Sementara itu, Kasihumas Polres Malang Ipda Muhammad Adnan menuturkan, usai berhasil dievakuasi, jenazah korban dibawa ke RSSA Kota Malang untuk dilakukan autopsi. “Autopsi dilakukan guna memastikan penyebab kematian korban,” tuturnya saat ditemui media online ini pada Jumat (29/12/2023).

Adnan menambahkan, hingga kini pihak kepolisian masih melakukan penyelidikan lebih lanjut untuk mengungkap penyebab hilangnya korban sebelum akhirnya ditemukan meninggal dunia. “Masih dalam penyelidikan, petugas juga telah diterjunkan untuk melakukan olah tempat kejadian perkara (TKP) dan pemeriksaan terhadap saksi-saksi,” pungkasnya.

Diberitakan sebelumnya, korban merupakan mahasiswa IPB semester 5 Fakultas Kehutanan dan Lingkungan, Jurusan Konservasi Sumber Daya Hutan Dan Ekowisata. Mahasiswa asal Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah tersebut dilaporkan hilang sejak Rabu (27/12/2023) malam. Saat itu, korban bersama 28 mahasiswa lainnya sedang melakukan kegiatan penelitian di Pulau Sempu.

Puluhan anggota rombongan penelitian mahasiswa di Pulau Sempu tersebut, terbagi dalam dua kelompok. Yakni penelitian di Segara Anakan dan Telaga Lele. Sedangkan korban dilaporkan hilang saat melakukan aktivitas di Telaga Lele.

Dalam penelitiannya, rombongan mahasiswa tersebut juga melakukan pengamatan terhadap flora dan fauna, gua, serta fotografi konservasi di kawasan Pulau Sempu. Kegiatan penelitian tersebut dipimpin oleh korban, yang sekaligus merangkap jabatan sebagai pemerhati herpetofauna.

Sebelum dilaporkan hilang, korban sempat berpisah dengan rombongannya untuk melakukan penelitian pada Rabu (27/12/2023) pagi. Namun, hingga menjelang siang, korban tidak kembali meski telah memasuki jam makan siang.

Mengetahui hal itu, para rombongan mahasiswa penelitian tersebut berupaya mencari keberadaan korban. Namun hingga Rabu (27/12/2023) tengah malam, korban tak kunjung ditemukan.

Kejadian itupun dilaporkan kepada pihak terkait termasuk kepolisian Polres Malang. Hingga akhirnya, pada Jumat (29/12/2023) korban ditemukan dalam kondisi meninggal dunia. (al/hel)

Mahasiswa IPBmahasiswa IPB meninggalpolres malangpulau sempu