Mengenal Discord, Aplikasi yang Dipakai Media Perselingkuhan Suami Seleb TikTok dan Pramugari 

Postingan percakapan dalam aplikasi Discord yang dipakai pilot Citilink Elmer dengan pramugari selingkuhannya, Bella.

INDONESIAONLINE – Belakangan ini aplikasi Discord tengah menjadi sorotan lantaran menjadi media perselingkuhan antara suami seleb TikTok Ira Nandha yang bernama Elmer dengan pramugari Bella.

Ira Nandha tampak membagikan tangkapan layar percakapan Discord antara Elmer dengan Bella. Dalam tangkapan layar tersebut, terlihat Discord bisa digunakan untuk mengirim pesan, gambar, hingga video call.

Lantas banyak warganet yang penasaran dengan aplikasi Discord tersebut. Akun Instagram @folkative misalnya mengunggah soal penggunaan aplikasi Discord yang mulai dikhawatirkan oleh para perempuan.

Cewek-cewek hari ini yang cowoknya pake Discord lagi overthinking,” tulis folkative.

Usut punya usut, Discord adalah sebuah aplikasi yang awalnya dirancang untuk memfasilitasi komunikasi antara para pemain game online. Aplikasi ini menyediakan fitur-fitur seperti chat teks, suara, dan video, serta memungkinkan pengguna untuk membuat server atau ruang obrolan khusus dengan berbagai topik dan kepentingan.

Berikut ini beragam fitur keunggulan yang ada di Discord sehingga kerap disalahgunakan untuk perselingkuhan:

– Memiliki fitur enkripsi end-to-end, yang artinya pesan dan data yang dikirim hanya bisa dibaca oleh pengirim dan penerima, sehingga lebih aman dan sulit untuk disadap atau diintip oleh orang lain.

– Memiliki fitur yang memungkinkan pengguna untuk menghapus pesan yang sudah dikirim, baik secara manual maupun otomatis. Hal ini tentu bisa membantu para selingkuhan untuk menghapus jejak dan bukti komunikasi mereka.

– Memiliki tampilan yang mirip dengan aplikasi game online, sehingga bisa mengecoh pasangan yang tidak mengetahui fungsi sebenarnya dari aplikasi tersebut. Para selingkuhan bisa berpura-pura sedang bermain game online, padahal sedang berkomunikasi dengan orang lain.

– Memiliki fitur yang memungkinkan pengguna untuk menyembunyikan status online mereka, sehingga bisa menghindari kecurigaan pasangan yang mungkin mengecek aktivitas mereka di aplikasi tersebut.

Selain itu, Discord memiliki beragam fitur yang bermanfaat, yakni sebagai berikut:

– Server

Server adalah tempat di mana pengguna bisa membuat atau bergabung dengan komunitas yang mereka inginkan. Setiap server bisa memiliki berbagai channel, role, bot, emoji, dan lain-lain. Pengguna bisa membuat server sendiri atau mencari server yang sesuai dengan minat mereka.

– Channel

Channel adalah ruang obrolan yang ada di dalam server. Ada dua jenis channel, yaitu teks dan suara. Channel teks digunakan untuk mengirim pesan teks, gambar, video, dan lain-lain. Channel suara digunakan untuk berbicara dengan pengguna lain melalui mikrofon.

– Role

Role adalah status atau peran yang bisa diberikan kepada pengguna di dalam server. Role bisa digunakan untuk mengatur hak akses, warna nama, dan lain-lain. Misalnya, ada role admin, moderator, dan member.

– Bot

Bot adalah program yang bisa melakukan berbagai fungsi di dalam server. Bot bisa digunakan untuk memberikan informasi, memutar musik, bermain game, dan lain-lain. Bot bisa dibuat sendiri atau diundang dari sumber lain.

– Emoji

Emoji adalah simbol atau gambar yang bisa digunakan untuk mengekspresikan emosi atau reaksi. Discord memiliki emoji bawaan yang bisa digunakan di semua server. Selain itu, pengguna juga bisa membuat atau menambahkan emoji khusus yang hanya bisa digunakan di server tertentu.

Lantas kamu yang hendak memakai Discord bisa terlebih dulu mengunduh aplikasi Discord di perangkat, baik android, iOS, windows, mac, atau linux. Selain itu, pengguna  bisa mengakses Discord melalui browser web.

Setelah mengunduh atau membuka Discord, pengguna harus membuat akun dengan memasukkan email, nama pengguna, dan kata sandi. Setelah itu, pengguna bisa mulai membuat atau bergabung dengan server yang mereka inginkan.

Bagi kamu yang hendak membuat server, pengguna bisa klik tombol plus (+) di bagian kiri bawah aplikasi. Kemudian, pengguna bisa memberi nama, gambar, dan deskripsi server mereka. Setelah itu, pengguna bisa mengatur channel, role, bot, emoji, dan lain-lain sesuai dengan keinginan mereka.

Sementara bagi yang hendak bergabung dengan server, pengguna bisa klik tombol plus (+) di bagian kiri bawah aplikasi. Kemudian, pengguna bisa memilih opsi Join a Server. Setelah itu, pengguna bisa memasukkan kode undangan atau tautan server yang mereka ingin masuki.

Setelah masuk ke server, pengguna bisa mulai berkomunikasi dengan pengguna lain di channel yang tersedia. Pengguna juga bisa mengirim pesan teks, gambar, video, dan lain-lain di channel teks. Pengguna juga bisa berbicara dengan pengguna lain di channel suara dengan mengklik tombol Join Voice.

Demikian informasi seputar aplikasi Discord. Semoga membantu. (bin/hel)

aplikasi DiscordDiscordIra NandhaSelingkuh