Mesir Lolos Dramatis ke Babak 16 besar Piala Afrika 2023

Mesir lolos babak 16 besar Piala Afrika 2023

INDONESIAONLINE – Dengan tersengal-sengal akhirnya Mesir bisa bernafas lega di Piala Afrika 2023. Mesir lolos dramatis dan masuk babak 16 besar. Walau tidak bisa memenangkan laga melawan Cafe Verde. Mesir terbantu dengan hasil akhir laga Mozambik vs Ghana.

Mesir melakoni laga terakhir Grup B melawan Cafe Verde di Stadion Felix Houphouet Boigny, Abidjan, Selasa (23/1/2024) dini hari WIB. Laga tersebut digelar bersamaan dengan Mozambik vs Ghana karena bersifat penentuan.

Mesir, yang sebelumnya hanya bermain imbang di dua pertandingan pertamanya, membutuhkan kemenangan untuk mengamankan kualifikasi langsung. Sedangkan Tanjung Verde sudah memastikan tiket ke babak 16 besar dengan dua kemenangan.

Mesir tertinggal setelah Gilson Tavares mencetak gol di masa tambahan waktu babak pertama. Trezeguet menyamakan kedudukan pada menit ke-50, disusul gol Mostafa Mohamed pada menit ke-93.

Kemenangan jelang poin yang seharusnya bisa langsung menjamin kelolosan Mesir, malah berantakan. Bryan Teixeira menyamakan kedudukan pada menit ke-99!

Mesir seharusnya bisa bernapas lega karena di laga lainnya, Mozambik secara dramatis menahan imbang Ghana 2-2. Tak masalah, Ghana sudah unggul dua gol lewat tendangan penalti Jordan Ayew.

Jika skor tetap bertahan, maka Ghana akan lolos dengan empat poin, unggul satu poin dari Mesir. Namun Mozambik kemudian mencetak dua gol di masa tambahan waktu, masing-masing melalui tendangan penalti Geny Catamo pada menit ke-91 disusul gol Reinildo tiga menit kemudian.

Hasil imbang tersebut membuat Ghana berada di peringkat ketiga Grup A dengan dua poin, hanya unggul selisih gol dari Mozambik. Keduanya dipastikan tersingkir sementara Mesir lolos secara dramatis bersama Tanjung Verde.

mesir vs cafe verdePiala Afrika 2023Tim nasional Mesir