Momen Prabowo Sentil Mahfud MD Terkait Pelanggaran HAM

Debat capres perdana antara GAnjar Pranowo Vs Prabowo Subianto terkait isu pelanggaran HAM

INDONESIAONLINE – Debat calon presiden perdana cukup menyita perhatian masyarakat Indonesia. Berbagai momen saling serang anata para capres menjadi bahan perbincangan menarik hingga saat ini. Salah satunya adalah momen saat Prabowo Subianto capres nomor urut 2 sentil cawapres nomor urut 3 Mahfud MD.

Momen ini terjadi saat kasus pelanggaran hak asasi manusia (HAM) dibahas capres Ganjar Pranowo dan ditanyakan ke Prabowo.

“DPR keluarkan 4 rekomendasi untuk Presiden. Kalau bapak (Prabowo) ada di situ apakah bapak akan membuat Pengadilan HAM dan membereskan rekomendasi DPR? Kedua di luar banyak ibu-ibu, apakah bapak bisa menemukan dimana mereka dikubur? agar ibu-ibu bisa berziarah?,” tanya Ganjar.

Dengan menghadap ke Ganjar, Prabowo Subianto menjawab pertanyaan tersebut. Namun, jawaban Prabowo justru menyentil Cawapres nomor urut 03 yakni Mahfud MD.

“Pak Ganjar tadi justru Anda sebut tahun 2009 kan? Jadi sekian tahun yang lalu kan, dan masalah ini ditangani justru oleh wakil presiden Anda ya. Jadi apa lagi mau ditanya kepada saya? Saya sudah menjawab,” jawab Prabowo.

Prabowo pun sedikit menyinggung bahwa ketika polingnya naik, pertanyaan seperti itu selalu disampaikan. Di situ, ia justru berbalik bertanya tentang data orang hilang kepada Ganjar Pranowo.

“Ada rekam digitalnya saya sudah jawab berkali-kali. Tiap poling saya naik ditanya lagi soal itu. Bapak tahu data gak? Bapak tanya ke Kapolda tahun ini berapa orang hilang di DKI, tahun ini ada berapa mayat ditemukan beberapa hari lalu dan sebagainya. Come on mas, Mas Ganjar,” imbuh Prabowo.

Masih kata Prabowo kesan ia pernah melakukan pelanggaran HAM berat sulit dibuktikan. Bahkan, ia mengaku sangat membela HAM.

“Jadi saya tadi katakan, saya merasa sangat keras membela hak asasi manusia. Nyatanya orang-orang yang dulu ditahan, yang katanya saya culik sekarang ada di pihak saya, membela saya saudara sekalian,” tegas Prabowo disambut riuh pendukungnya.

Dalam detik-detik terakhir jawabannya, Prabowo memberikan pesan kepada Ganjar agar masalah HAM jangan sampai dipolitisasi.

“Jadi masalah HAM jangan dipolitisasi Mas Ganjar,” tukas Prabowo (hs/dnv).

debat capresGanjar PranowoMahfud MDprabowo subianto