Momen Tim SAR Selamatkan Rombongan Kapolda Jambi: Bertahan, Jenderal, Komandan! 

INDONESIAONLINE – Akibat cuaca buruk, helikopter rombongan Kapolda Jambi, Irjen Rusdi Hartono mendarat darurat di Bukit Muaro Emat, Kerinci, pada Minggu (19/2). 

Hingga Minggu (19/2) malam kondisi gelap dan kabut menghalangi evakuasi rombongan Kapolda Jambi lewat udara. Oleh karenanya, Senin (20/2) pagi tim SAR kembali melakukan evakuasi.

Akun Instagram @polda_jambi membagikan video detik-detik saat tim SAR mendistribusikan logistik terlebih dulu agar Rusdi dan rombongan tak kekurangan bahan makanan sebelum dievakuasi. 

Dari video berdurasi 1 menit 9 detik tersebut, nampak kru helikopter Polri mendistribusikan logistik. Yakni berupa bahan makanan yang dikemas secara rapi dalam wadah kardus berwarna cokelat. 

Tim SAR tersebut kerap meminta Rusdi agar bertahan sebelum dievakuasi. 

“Mohon izin, bertahan, Jenderal. Hati-hati ranting pohon bisa patah kena angin helu. Mohon diantisipasi ranting pohon, dahan pohon bisa kena angin heli,” ujar pilot helikopter yang ditumpangi TIM SAR. 

Usai mendistribusikan makanan, kru helikopter kembali ke Jambi. Pilot tersebut nampak berkali-kali meminta agar Irjen Rusdi bertahan. 

“Mohon izin, Jenderal, kami kembali ke Jambi, Jenderal. Bertahan, Jenderal, Komandan, mohon izin,” pinta pilot helikopter tersebut. 

Sebagai informasi tambahan, evakuasi via udara rombongan Kapolda Jambi Irjen Rusdi belum bisa dilakukan Senin (20/2) pagi tadi. Mengingat suasana masih kabut tebal dan kondisi perbukitan di lokasi. 

Dalam video lainnya seperti diunggah @exploregunung_ juga terlihat video dari lokasi rombongan Irjen Rusdi. Nampak beberapa logistik yang diturunkan tim SAR dari udara sudah tersampaikan. 

Selain Kapolda Jambi Irjen Rusdi yang mengalami patah tangan, kru pilot juga disebut mengalami patah kaki. Sehingga tidak dapat bergerak. 

“Pak Dirkrimum, Dirpolair, dan pilot kondisi kaki cedera. Pak Kapolda kondisi tangan cedera,” ujar pria yang merekam dalam hutan tersebut. 

Selain Kapolda Jambi, Irjen Rusdi Hartono, helikopter itu juga ditumpangi Dirreskrimum Polda Jambi Kombes Andri Ananta Yudistira, Dirpolairud Polda Jambi Kombes Michael Mumbunan, Koorspri Kompol Ayani dan ADC Briptu Muhardu Aditya. 

BertahanJambiJenderalKapoldaKomandanMomenRombonganSARSelamatkanTim