INDONESIAONLINE – Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo melaksanakan ziarah ke Makam Presiden pertama Republik Indonesia Ir Soekarno (Bung Karno) di Kota Blitar, Minggu (24/10/2021). Menariknya, dalam kunjungan kali ini Ganjar tidak sengaja bertemu dengan Menteri Sosial Tri Rismaharini.

Ya, Mensos Risma diketahui sudah dua hari ini berkunjung ke Kota Blitar. Tujuan Risma adalah memoles area Makam Bung Karno.

Pantauan awak media, setiba di area Makam Bung Karno, Ganjar langsung menghampiri Risma yang tengah duduk di joglo timur Makam Bung Karno bersama Bupati Blitar Rini Syarifah. Kedua tokoh ini nampak berbincang sebelum akhirnya Ganjar berpamitan untuk berdoa di pusara Bung Karno.

Setelah berdoa di pusara Makam Putera Sang Fajar, Ganjar menuturkan agenda ziarah ke Makam Bung Karno murni untuk mendoakan Sang Proklamator. Dia pun juga mengaku tidak janjian dengan Risma untuk bertemu. Melainkan hanya kebetulan saja dipertemukan di Makam Bung Karno.

“Saya mampir kesini (Makam Bung Karno) eh ada Bu Risma seneng saya. Saya dari Semeru lihat anggrek sekalian mampir kesini,” kata Ganjar.

Ditanya soal survei Pilpres, Ganjar di kesempatan ini juga masih enggan menjawab. Sambil berlalu Ganjar hanya memberi jawaban singkat.

“Halah, survei opo (survei apa; red),” tukas orang nomor satu di Jawa Tengah itu.

Diberitakan sebelumnya Menteri Sosial Tri Rismaharini sudah dua hari berada di Makam Bung Karno. Risma datang untuk memoles dan mempercantik area Makam Bung Karno. Risma datang pada Sabtu 23 Oktober 2021 dan kembali lagi pada Minggu 24 Oktober.

Menurut Risma, Kemensos RI tak hanya menangani permasalahan sosial. Menurutnya Kemensos RI juga menangani kepahlawanan. Termasuk  makam-makam pahlawan.

“Kebetulan memang Kemensos juga menangani tentang kepahlawanan. Saya sampaikan kita harus pantau makam pahlawan yang diluar Jakarta.  Saya juga sudah lakukan perbaikan Makam Pahlawan di Kalibata cukup signifikan.  Sekarang kalau malam orang juga bisa ke sana (Kalibata),” jlentrehnya.

(rof/pit)