Dukung Promosi Pariwisata, Ahmad Basarah Terima Audiensi Juara Top Foto Model Indonesia

INDONESIAONLINE – Dalam rangka mendukung promosi pariwisata Kabupaten Malang, Jawa Timur, Wakil Ketua MPR Ahmad Basarah menerima kunjungan Arinda Lutfia Hanis, juara nasional Lomba Foto Model Piala Bergilir Presiden 2022. Kunjungan itu sendiri dilakukan di Pendopo Aspirasi Dr. Ahmad Basarah Perum Argo Kencana Jl. Angsa Utara III No. 1, Karangploso, Kabupaten Malang, Jawa Timur, Jumat (23/12/22).

Arinda sendiri mewakili Jawa Timur mengalahkan 39 finalis dari 27 provinsi dalam ajang lomba foto yang diselenggarakan di Trans Resort Bali, Badung, Minggu (11/12/22).

Selama audiensi, Ahmad Basarah yang juga anggota Komisi X DPR RI yang antara lain membidangi pariwisata itu mengaku gembira Arinda dalam membuat Provinisi Jawa Timur bangga. Arinda berhasil merebut juara pertama dalam ajang bergengsi yang diadakan sejak 1980 itu dengan menggunakan batik ‘’Bumi Batu’’ yang merupakan produk batik khas Kabupaten Batu, Malang. Saat ke Bali, mahasiswi jurusan sastra Universitas Gajayana Malang ini membawa ikon Pesona Batik Nusantara 2022.

‘’Saya senang ada generasi muda yang mengharumkan nama daerah ke tingkat nasional. Ini akan mengangkat citra Kabupaten Batu. Selama ini orang hanya mengenal batik dari daerah tertentu yang sudah populer. Sekarang publik nasional jadi tahu, Kabupaten Batu punya produk batik dan punya ciri khas yang dapat dipromosikan secara nasional,’’ keta Ahmad Basarah melalui keterangan tertulisnya.

Saat berlaga di ajang nasional itu, Arinda memang menggunakan batik produk asli Kabupaten Batu yang mewakili filosofi gunung-gunung indah, lereng dan lembah, yang mewakili citra eksotis Kota Batu. Dalam baju batik yang dikenakan Arinda tergambar pula siluet Gunung Putri Tidur, lokasi wisata yang populer di Malang.

‘’Saya senang pada akhirnya saya bisa memperkenalkan pariwisata di Malang secara nasional lewat lomba foto ini. Saya mohon dukungan Pak Ahmad Basarah untuk bisa menjadi duta pariwisata Jawa Timur,’’ kata Arinda dalam obrolan santainya dengan Ahmad Basarah.

Merespon Arinda, Ahmad Basarah yang menjadi anggota DPR RI dari daerah pemilihan Malang Raya meminta mahasiswi Jurusan Sastra Inggris Fakultas Ilmu Sosial Budaya, Universitas Gajayana Malang, itu untuk terus mendalami jurusan yang kini ditekuninya. Dengan menguasai Bahasa Inggris, Arinda sangat mungkin menjadi duta pariwisata Indonesia di tingkat dunia.

‘’Bung Karno saat menjabat presiden pertama Indonesia sangat terkenal di tingkat internasional karena beliau menguasai banyak bahasa asing. Bung Karno pernah berbicara tanpa teks di forum Perserikatan Bangsa-Bangsa. Jika Bung Karno bisa menjadi model ideal presiden yang disegani dunia, Arinda juga bisa meniru Bung Karno, menjadi model buat generasi milenial,’’ jelas Ahmad Basarah, yang juga Ketua DPP PDI Perjuangan Bidang Luar Negeri itu.

Memotivasi Arinda, Ahmad Basarah bercerita bahwa Bung Karno juga punya wawasan luas tentang memajukan pariwisata Indonesia. Pada Munas I Maritim di Sekretariat Munas Jakarta, 23 September 1963, Bung Karno pernah meminta peserta Munas untuk kembali ‘’Menjadi Bangsa Samudera’’. Lautan Indonesia di mata proklamator itu sangat kaya potensi, termasuk potensi pariwisata.

‘’Arinda mewakili generasi milenial mengukir presatsi nasional. Ini kesempatan Arinda untuk terus berprestasi. Ingat-ingat pesan Bung Karno ini, ‘Tuhan hanya akan mengubah nasib sebuah bangsa jika bangsa itu hendak mengubah nasib bangsanya sendiri. Bersatulah para pemuda dan pemudi Indonesia dan ubahlah nasib bangsa kita supaya lebih baik dari sebelumnya,’” tutup Ahmad Basarah.