Okupansi Hotel di Kota Batu Penuh, Walau Harga Tinggi

Okupansi hotel-hotel di Kota Batu, Jatim, hingga saat ini di atas 90 persen (tripadvisor)

INDONESIAONLINE –  Kota Batu, Jawa Timur (Jatim) diserbu masyarakat yang ingin menghabiskan libur Natal dan Tahun Baru 2023. Dampaknya, tingkat keterisian atau okupansi hotel pun terbilang penuh di Kota Apel ini.

Padahal, harga menginap di hotel-hotel Kota Batu saat ini meningkat tarifnya hingga dua kali lipat harga normal.

Ini terlihat dari semua hotel yang sudah dipenuhi dengan mobil yang membanjiri lokasi parkir. Seperti di Kontena Hotel.

Di hotel yang menghadirkan suasana bangunan bertema industrialis Japanese tersebut terhitung sejak Sabtu 23 Desember 2023 lalu, tingkat keterisian kamar 100 persen atau penuh.

“Sudah penuh sejak Sabtu,” ungkap Public Relation Kontena Hotel Vicky Afria Pratama.

Hotel berbintang lainnya pun serupa okupansinya juga mencapai 100 persen. Walaupun, sekali lagi tarif menginap di hotel Kota Batu rata-rata mengalami kenaikan.

Ketua Perhimpunan Hotel Restoran Indonesia (PHRI) Kota Batu Sujud Hariadi juga membenarkan terkait okupansi dan harga menginap tersebut. Ia mengaku PHRI tidak mematok kenaikan harga hotel di Kota Batu.

“Semuanya sudah menjadi kebijakan masing-masing hotel,” ucap Sujud, Senin (25/12/2023).

Meski dijual dengan harga tinggi, mereka menawarkan beragam paket yang dihabiskan untuk Natal dan Tahun Baru 2024. Mulai dari gala-dinner hingga pesta kembang api. Sedangkan dari data yang ada, dari 60 hotel yang tergabung dalam PHRI Kota Batu, hanya beberapa hotel yang gak sampai penuh.

“Jadihampir penuh semua. Tingkat keterisian sudah di atas 90 persen. Ini kita prediksi bertahan hingga tahun baru 2024,” ucap Sujud (ir/dnv),

hotel kota batuokupansi hotel batuphri kota batu