PDI Perjuangan Masih Kokoh: 13 Kursi Dewan Direbut di Kabupaten Malang

Ketua DPC PDIP Kabupaten Malang Didik Gatot Subroto dalam suatu acara. PDIP Kabupaten Malang diproyeksikan mendapat 13 kursi dewan di pemilu 2024 (pdip jatim)

INDONESIAONLINE – Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Kabupaten Malang diproyeksikan bakal mendulang 13 kursi legislatif 2024. Hal ini terlihat dari rapat pleno terbuka rekapitulasi hasil penghitungan perolehan suara Pemilu 2024 tingkat Kabupaten Malang.

Walau belum dilakukan penetapan suara oleh KPU Kabupaten Malang, perolehan kursi tersebut ditegaskan ulang oleh Ketua DPC PDIP Kabupaten Malang Didik Gatot Subroto.

“Alhamdulillah tahun ini (perolehan kursi di DPRD Kabupaten Malang) kita masih di atas,” ucap Didik Gatot Subroto yang juga menjabat sebagai Wakil Bupati Malang, Rabu (6/3/2024).

Didik juga menyebut, perolehan kursi di DPRD Kabupaten Malang pada Pemilu 2024 mengalami penambahan satu kursi. Dari 12 kursi di pemilu lalu, kini menjadi 13 kursi. “Untuk (DPRD) di Kabupaten Malang kami bertambah satu kursi, jadi 13,” ujarnya.

Tak hanya PDIP, perolehan kursi dewan ini juga diisi parpol lama yang juga mendominasi pemilu sebelumnya. Yakni, Partai Gerindra, PKB, Golkar, NasDem, PKS, Hanura, dan Demokrat.

PKB diproyeksikan memperoleh 11 kursi. Disusul Gerindra dan Golkar yang masing-masing memperoleh delapan kursi. Sementara itu, NasDem diproyeksikan memperoleh enam kursi.

Hanura dan Demokrat masing-masing satu kursi. Dua kursi sisanya, diisi oleh partai pendatang baru yaitu PKS.

Dengan perolehan jumlah kursi tersebut, maka PDIP bakal kembali mengisi pimpinan DPRD Kabupaten Malang.

Terpisah KPU Kabupaten Malang membenarkan dengan perolehan kursi itu, PDIP dimungkinkan mendapatkan posisi terbanyak. Namun, ia menyampaikan hasil penghitungan resmi hingga hasil kursi belum resmi dikeluarkan KPU Kabupaten Malang.

“Hasil masih dari perolehan suara hitungan sementara. Kursi terbanyak kemungkinan PDIP disusul dengan PKB untuk legislatif Kabupaten Malang,” ucap Ketua Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat, dan Sumber Daya Manusia KPU Kabupaten Malang, Marhaendra Pramudya Mahardika.

KPU Kabupaten Malangkursi dprd kabupaten malangPDIPpdip kabupaten malang