Jelang Lebaran, Pusat Perbelanjaan Digeruduk Warga

by -21 views
Jelang Lebaran, Pusat Perbelanjaan Digeruduk Warga

INDONESIAONLINE – Kebiasaan masyarakat tanah air berbelanja jelang Hari Raya Idul Fitri kali ini menjadi perhatian khusus Pemerintah Kota (Pemkot) Malang.

Meski, antusias masyarakat berbelanja ini menjadi salah satu upaya peningkatan ekonomi, namun situasi pandemi Covid-19 yang urung usai diharapkan menjadi kewaspadaan bagi masyarakat.

“Tentu saya ucapkan terima kasih kepada masyarakat, berarti daya beli masyarakat naik. Tapi kami tetap mengimbau waspada dan waspada terhadap Covid-19, jangan sampai ada penambahan yang fluktuatif,” ucap Wali Kota Malang Sutiaji.

Untuk mengantisipasi penyebaran Covid-19, Pemkot Malang juga bakal melakukan tindakan preventif di area pusat perbelanjaan. Yakni, dengan melakukan tes swab antigen kepada pengunjung yang berbelanja.

Baca:  Lakukan Sensus Penduduk Online, Pemkot Batu Mulai dari ASN

“Kalau penambahan terus terpantau, kami akan lakukan tindakan-tindakan preventif dengan testing. Saya nanti minta Kadinkes (Kepala Dinas Kesehatan) untuk melakukan tes antigen di pusat perbelanjaan, sebagai kontrol mereka,” imbuhnya.

Terkait dengan berapa jumlah alat swab antigen yang bakal disediakan, pihaknya masih akan melakukan persiapan-persiapan. Tentunya, hal itu disesuaikan dengan jumlah yang saat ini tersedia di Dinkes Kota Malang.

“Saya masih nunggu kesiapan (alat swab antigen) dari Dinkes (Dinas Kesehatan). Ada berapa antigen saat ini yang ada. Insya Allah kita minta perbanyak testingnya, dan perkuat tracing dan treatment,” terangnya.

Lebih jauh, tak hanya di pusat perbelanjaan, pihaknya juga melakukan koordinasi dengan Satpol PP dan Dinas Kepemudaan, Olahraga dan Pariwisata (Disporapar). Hal tersebut, berkaitan dengan pelaksanaan pengetatan protokol kesehatan di perhotelan hingga resto.

Baca:  Musim Hujan, Masih Ada Belasan Kejadian Kebakaran di Kabupaten Malang

“Kemarin keliling, saya minta ke Satpol PP dan Disporapar untuk melakukan penguatan lagi (protokol kesehatan pencegahan Covid-19). Di Mal, di cafe, restoran, hotel. Jangan sampai lengah lagi,” tandasnya.

acf/dn