Ngotot PSBB Parsial, Bupati Malang: Dari Kemenkes Turunnya Tak Parsial

by -83 views
Ngotot PSBB Parsial, Bupati Malang: Dari Kemenkes Turunnya Tak Parsial
Bupati Malang, HM Sanusi (pakai peci) saat menjelaskan perihal penerapan PSBB di Kabupaten Malang

Teka-teki mekanisme penerapan PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar) di Kabupaten Malang masih belum ada kejelasan. Terbaru, Pemkab (Pemerintah Kabupaten) Malang mengkonfirmasi jika penerapan PSBB secara parsial yang sempat diajukan, terancam tidak mendapatkan persetujuan dari Kementrian Kesehatan.

”Yang kita diskusikan kemarin (Senin 11/4/2020) dan yang kita ajukan memang parsial. Tapi turunnya tidak parsial. Melainkan 3 wilayah (Kabupaten Malang, Kota Malang, dan Kota Batu),” kata Sanusi Bupati Malang, saat ditemui awak media di Pendopo Kantor Bupati Malang, Selasa (12/5/2020).

Pernyataan tersebut seolah membantah statment sebelumnya, yang menyatakan jika PSBB di Kabupaten Malang bakal menerapkan sistem parsial. Artinya tidak semua wilayah di Kabupaten Malang bakal menerapkan PSBB.

Ditemui usai menghadiri rapat koordinasi terkait penyusunan Perbup (peraturan bupati) tentang pedoman pelaksanaan PSBB di Kabupaten Malang, Selasa (12/5/2020) dini hari. Bupati Malang menegaskan, jika wilayah kepemimpinannya hanya akan menerapkan PSBB parsial. Yakni hanya 14 Kecamatan dari 33 Kecamatan yang ada di Kabupaten Malang.

Baca:  Ingin Berinvetasi Hotel, di Kota Batu Membuka Selebar-lebarnya Bintang 4 dan 5

”Endak, kalau dari kementerian ternyata tidak parsial, yang turun semuanya. Cuma 14 Kecamatan yang masuk zona merah itu, yang akan kita intenskan. Sedangkan yang zona hijau, akan kita motivasi Camat dan Kadesnya agar jangan sampai masuk zona merah selama PSBB,” terangnya.

Seperti yang sudah diberitakan, sebanyak 14 Kecamatan yang diajukan sebagai PSBB parsial di Kabupaten Malang itu, meliputi Kecamatan Pakisaji, Dau, Wajak, Karangploso, Kepanjen, Ampelgading, Pagelaran, Lawang, Singosari, Pakis, Bululawang, Pujon, Ngantang, dan Ngajum.

”Sudah siap semua tinggal nunggu nanti kesepakatan bersama antara 3 kepala daerah (Kota Malang, Kabupaten Malang, dan Kota Batu) untuk menentukan waktu (penerapan PSBB),” tegas salah satu kader PDI Perjuangan ini.

Baca:  Vaksinasi Pelajar di Bondowoso Rendah, Ini Kata Wabup Irwan

Secara kesiapan, lanjut Sanusi, pihaknya memastikan jika sudah siap apabila sewaktu-waktu wilayah kepemimpinannya bakal menerapkan PSBB. Bahkan, Perbup terkait PSBB disebut juga sudah siap untuk dikirimkan ke Pemprov Jatim.

”Kalau Kabupaten Malang persiapan khususnya adalah check point di perbatasan. Disana akan dijaga agar jangan sampai ada orang positif yang bawa virus masuk ke Kabupaten Malang,” ujar orang nomor satu dalam pemerintahan Kabupaten Malang ini.

Sebagai informasi, posko check point yang sudah siap beroprasi tersebut, tersebar di 6 titik jalur perbatasan yang ada di Kabupaten Malang.

Pertama, terletak di kawasan Bakpia Telo, Kecamatan Lawang, Kabupaten Malang. Kemudian dua titik lainnya terdapat pada akses keluar masuk jalan tol di kawasan Dengkol, Kecamatan Singosari dan di kawasan exit tol Lawang.

Sedangkan tiga check point lainnya, terletak di Kecamatan Sumberpucung, tepatnya di perbatasan Kabupaten Malang dengan Kabupaten Blitar. Kemudian di kawasan Desa Sidorenggo, Kecamatan Ampelgading, yang menjadi daerah perbatasan antara Kabupaten Malang dengan Kabupaten Lumajang.

Baca:  Pacu Gizi Anak, Dinas Pertanian Kabupaten Mojokerto Kampanye Makan Telur

Sedangkan check point yang terakhir, disiagakan di kawasan pelabuhan Sendang Biru, atau yang terletak di Kecamatan Sumawe (Sumbermanjing Wetan), Kabupaten Malang.

Selain fokus melakukan penyekatan di 6 akses jalur utama yang ada di perbatasan. Forkopimda (Forum Komunikasi Pimpinan Daerah) Kabupaten Malang, juga bakal mensiagakan posko check point mandiri di jalur alternatif yang tersebar di Kabupaten Malang.

”Kalau secara teknis semacam itu, Polres Malang yang akan mengaturnya. Intinya yang dari luar tidak boleh masuk ke Kabupaten Malang jika tidak ada kepentingan yang mendesak,” tutup Sanusi. (Al/dn)