INDONESIAONLINE – Pemerintah Kota (Pemkot) Malang menerima penghargaan apresiasi “Gold Winner” kategori Koperasi dan UMKM dalam ajang “The 1st Indonesia DEI and ESG Awards (IDEAS) 2022” yang digelar oleh Public Relations/Humas Indonesia di Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur (NTT), Jumat (5/8/2022). 

Pemkot Malang dianggap telah menjalankan program dalam kategori Koperasi dan UMKM sesuai dengan Diversity Equity Inclusion (DEI) dan Enviromental Social and Governance (ESG). 

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Malang Muhammad Nur Widianto yang hadir mewakili Wali Kota Malang Sutiaji menyampaikan, program yang mendapatkan penghargaan “Gold Winner” kategori Koperasi dan UMKM dalam ajang “The 1st Indonesia DEI and ESG Awards (IDEAS) 2022” yakni UMKM of The Week. 

Program UMKM of The Week merupakan kegiatan berjualan produk UMKM melalui kanal media sosial ala Pemkot Malang. Inisiatif UMKM of The Week sejak awal diluncurkan pada Mei 2021 telah mempromosikan lebih dari 115 usaha lokal dan mampu menjangkau lebih dari 400 ribu pengguna media sosial.  

Secara nyata, hal ini turut mendukung pemulihan ekonomi di tengah situasi dan kondisi pandemi Covid-19, sekaligus mewarnai paradigma pembangunan Kota Malang yang semakin inklusif. 

Baca Juga  Dana Desa Rp 5 Miliar per Desa, Cak Imin Minta Komitmen Kades

Pria yang akrab disapa Wiwid ini menuturkan, kinerja yang menghantarkan penghargaan tidak lepas dari komitmen pimpinan dan kerja bagus serta kolaboratif antar perangkat daerah. 

“Bapak Wali Kota senantiasa menekankan pada semua perangkat daerah untuk kolaborasi menghadirkan program yang mampu menstimulus pemulihan ekonomi.  Ini kami (Diskominfo) terjemahkan melalui langkah soft selling memasarkan berbagai kreasi lokal dalam UMKM of The Week,” ungkap Wiwid. 

Foto bersama.

Pria yang sebelumnya menjabat sebagai Kepala Bagian Humas Pemkot Malang ini mengatakan, selain menayangkan profil dan produk UMKM secara gratis, kanal media sosial Pemkot Malang juga rutin menghadirkan rubrik Ekraf of The Week dan Kuliner Legendaris. Ketiganya menjadi daya tarik tersendiri dari banyak pengikut akun Pemkot Malang. 

Penghargaan IDEAS 2022 sekaligus menajamkan raihan beragam prestasi yang diraih sebelumnya pada ajang Jatim Kominfo Festival 2022. Di mana rubrik UMKM of The Week menjadi salah satu kunci raihan predikat Website Terbaik I dan Medsos Terbaik II Kategori Kabupaten/Kota se-Jawa Timur. 

Komitmen yang tinggi dalam pemulihan ekonomi juga menghantarkan Wali Kota Malang Sutiaji dinobatkan sebagai Tokoh Publik Terpopuler Media Online. Atas berbagai prestasi tersebut Wali Kota Malang Sutiaji mengucapkan terimakasih dan menegaskan komitmen untuk terus menghadirkan layanan terbaik bagi masyarakat. 

Baca Juga  Tangkis Klaim Faisal Basri, Wapres Tegaskan Tak Ada Isu Menteri Mundur

“Tentu ini hasil kerja bersama dalam spirit kolaborasi, akselarasi dan bangkit bersama. Dan sering saya tekankan pada perangkat daerah, bicara pemulihan ekonomi atau UMKM itu bukan hanya kerjanya Diskopindag. Semua harus bergerak,” tandas Sutiaji. 

Sementara itu, Founder and CEO Humas Indonesia Asmono Wikan mengatakan tentang pentingnya strategi komunikasi yang mendukung pembangunan inklusif. Salah satu contohnya isu inklusi sosial. 

“Saat ini patut mendapat perhatian sangat serius bagi organisasi/korporasi. Terutama dari para pemimpinnya, agar strategi komunikasi yang dijalankan lebih relevan, empatik, dan berdampak,” ujar Asmono. 

Gelaran “The 1st Indonesia DEI & ESG Awards (IDEAS)” pertama kali digelar tahun 2022 sebagai bentuk apresiasi bagi para insan kehumasan yang telah mengomunikasikan praktik DEI dan ESG terbaik di organisasinya.  

Keduanya merupakan isu global yang kini menjadi arus utama bagi eksistensi organisasi atau korporasi secara berkelanjutan. Sebanyak 77 entri proposal dari kementerian, BUMN, pemerintah provinsi, pemerintah kota/kabupaten dan korporasi mengikuti IDEAS 2022.