8 Pos dan 460 Personel Gabungan Disiapkan di Operasi Ketupat Semeru 2021

by -30 views
8 Pos dan 460 Personel Gabungan Disiapkan di Operasi Ketupat Semeru 2021

TULUNGAGUNGTIMES – Jelang pelaksanaan operasi ketupat semeru 2021, Kepolisian Resort (Polres) Tulungagung telah menyiapkan 8 pos, baik pos pelayanan maupun pos penyekatan. Serta 460 personel gabungan TNI, Polri dan instansi terkait.

“Sebenarnya tujuan utama dalam gelaran pasukan ini juga untuk melakukan penyekatan terkait imbauan larangan Pemerintah pusat bahwa Mudik Lebaran ini dilarang. Berikutnya guna mengantisipasi pendisiplinan protokoler kesehatan kepada masyarakat,” kata Kapolres Tulungagung AKBP Handono Subiakto usai Apel Gelar Pasukan Operasi Ketupat Semeru 2021 di halaman Kantor Pemkab Tulungagung, Rabu (5/5/2021).

Menurut Handono, apel gelar pasukan operasi ketupat semeru 2021 dilakukan serentak oleh seluruh jajaran kepolisian di Indonesia, yang tujuannya melihat kesiapan personel dan persiapan sarana dan prasarana pengamanan hari raya idul fitri.

Baca:  Rumah Ambles Gegerkan Warga Kota Batu, Berikut Kronologinya

“Kita pastikan hari ini semua pasukan telah siap dalam melaksanakan Operasi Ketupat Semeru 2021,” tegasnya.

Dijelaskan, dalam operasi ketupat semeru 2021, ada 7 titik penyekatan di tingkat provinsi yang berbatasan dengan provinsi lain, khusus untuk Kabupaten Tulungagung dipersiapkan 8 pos, baik pos pelayanan maupun pos penyekatan. Kegiatan penyekatan merupakan upaya menjalankan instruksi pemerintah yaitu larangan mudik lebaran serta mengantisipasi pemudik yang nekat melalui jalan tikus.

“Sebagai antisipasi Polres Tulungagung akan mempersiapkan 8 titik sebagai pos penyekatan dan pelayanan, diantaranya di Ngantru, Rejotangan, Gondang, Besuki dan lainnya,” tutupnya.

Diketahui, Apel Gelar Pasukan Operasi Ketupat Semeru 2021 dihadiri oleh Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Tulungagung yang terdiri dari Bupati Tulungagung Maryoto Birowo, Kapolres Tulungagung, Dandim 0807 Tulungagung, Kepala Kejari Tulungagung, dan personel gabungan TNI, Polri, Dinas Perhubungan, dan Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Tulungagung.

Baca:  Longsir Ijen, Mobil Pengangkut Wisatawan Terjebak

mms/dn